PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN PELAYANAN PRIMA SISWA KELAS XI OTKP 1

  • Kusumaningrum M.Pd Guru SMK Negeri 3 Surakarta
Keywords: Pelayanan Prima, Think Pair Share, Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
Think Pair Share mampu meningkatkan kemampuan menerapkan pelayanan prima siswa kelas
XI OTKP 1 SMK Negeri 3 Surakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Surakarta dengan subyek penelitian siswa
kelas XI OTKP 3 yang berjumlah 36 siswa. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas
dan dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Setiap
siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 3 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Think Pair Share mampu meningkatkan kemampuan menerapkan pelayanan
prima bagi siswa kelas XI OTKP 1 SMK Negeri 3 Surakarta. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan terlihat ada peningkatan kemampuan menerapkan pelayanan prima siswa dari 20
siswa (56%) yang memenuhi nilai KKM pada kondisi awal, menjadi 27 siswa (75%) yang
memenuhi KKM pada siklus I dan menjadi 35 siswa (97%) setelah tindakan siklus II. Nilai ratarata prestasi belajar OTK Humas dan Keprotokolan meningkat dari 70,83 pada pra siklus
menjadi 77,78 (meningkat 10%) pada siklus I dan menjadi 85,69 (meningkat 21%) pada siklus
II

Published
2022-01-04
Section
Articles