KARAKTERISTIK BGBJ HOSTEL DALAM STANDARISASI PELAYANAN KEPADA PARA TAMU

  • Nova Yudha Andriansyah Putra Progdi D3 Perhotelan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Mandiri Kampus Jatiwaringin
Keywords: Karakteristi, Standarisasi Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kharakteristik yang dimiliki oleh BGBJ
Hostel di Bantar Gebang dalam standarisasi pelayanan kepada para tamu. Bantar Gebang selama ini
dikenal sebagai daerah kumuh dengan kondisi perekonomian masyarakat bertaraf rendah (miskin).
Dalam (Mulyadi, 2016) ditemukan sekitar 72% orang tua memilih untuk mempekerjakan anaknya
sebagai pengumpul sampah, 19% memilih untuk sekolah tanpa dibebani kerja pengumpul sampah, dan
9% sisanya memilih untuk dipekerjakan dan tidak sekolah Mengingat BGBJ Hostel dapat dikatakan
tidak memiliki letak yang strategis dimana TPA bukan tempat yang layak sebagai tempat tinggal namun
BGBJ Hostel yang letaknya di tengah-tengah TPA justru selalu ramai dikunjungi wisatawan
mancanegara, bahkan kedutaan besar yang ada di Indonesia. Apakah dengan berbekal anak-anak
disekitaran Bantar Gebang ini bagaimana Hostel BGBJ bisa memberikan pelayanan dengan standard
Hostel semestinya. Dengan memberdayakan remaja sekitar Bantar Gebang BGBJ Hostel terbilang
mampu untuk menarik wisatawan bahkan sebelum pandemic pemesanan kamar harus 3 bulan sebelum
karena keterbatasan kamar.

Published
2022-01-04
Section
Articles