EFEKTIFITAS EVENT FESTIVAL BABUKUNG DAN DAMPAK MEDIA PROMOSI INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNG WISATAWAN DI DESTINASI WISATA KABUPATEN LAMANDAU

  • Suyamto Suyamto Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Aurelia Alexandra Baru Universitas Muhammadiyah Karanganyar
Keywords: Efektivitas Event, Festival Babukung, Dampak Media, Instagram, Minat Berkunjung

Abstract

Provinsi Kalimantan Tengah merupakan daerah yang memiliki banyak destinasi wisata untuk
dikunjungi. Namun, tingkat kunjungan wisatawan di daerah kecil seperti di Lamandau masih
cenderung kurang, khususnya yaitu minat berkunjung wisatawan ke destinasi-destinasi wisata yang
ada. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara efektivitas event
babukung dan dampak media promosi instagram terhadap minat berkunjung di destinasi wisata Yang
ada di Kabupaten Lamandau. Dalam penelitian ini penentuan sampel menggunakan metode
purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner secara langsung
kepada masyarakat kabupaten lamandau yaitu dengan total 50 responden, wawancara, dan uji
kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskiptif kuantitatif dengan
menggunakan uji validitas, Reliabilitas, uji analisis regresi linear berganda, uji T, dan uji F dengan
bantuan software SPSS versi 25 for widows. Hasil penelitian efektivitas event “Festival Babukung”
secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung dan dampak media promosi instagram
secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung. Dan secara simultan efektivitas event
“Festival babukung” dan dampak media promosi instagram tidak memiliki pengaruh yang positif
dan signifikan terhadap minat berkunjung dimana koefisien determinasi nya sebesar 7,5%.

Published
2022-12-28
Section
Articles