PERANCOMMUNICATION HOSTTERHADAP PELAKSANAAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) FOLLOW UPWAKE UP CALL REQUEST DI HOTEL ALILA SOLO

  • Amira Noveanti Politeknik Indonusa Surakarta
  • Anita Andriantini Mulia Politeknik Indonusa Surakarta\
Keywords: peran, Communication Host, pelaksanaan, standard operating procedure, wake up call

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Communication Host,
standard operating procedure follow up wake up call request, dan bagaimana pelaksanaan standard operating procedure wake up call request di hotel Alila Solo. Penelitian yang masuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif ini penulis menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Untuk kuisioner sampel yang digunakan yakni 2 orang staff Communication Host sementara yang menilai 1 orang Duty Manager. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Communication Host yang meliputi tugas dan tanggung jawab atau job description terdiri dari lima belas poin yang tercantum dalam dokumen dan standard operating procedure yang terdiri dari lima poin yang tercantum dalam dokumen serta bagaimana pelaksanaan standard operating procedure follow up wake up call request di hotel Alila Solo yang diketahui melalui kuesioner kepada Duty Manager yang menilai 2
staff Communication Host yakni (80%) telah menerapkan dan (20%) kadang kadang menerapkan standard operating procedure follow up wake up call request di hotel Alila Solo.

Published
2020-05-30
Section
Articles