ANALISA POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA PADA DESA WISATA SUMBER BULU PENDEM MOJOGEDANG KARANGANYAR

  • Wahyu Ari Indriastuti Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta
Keywords: potensi pariwisata, pengembangan pariwisata

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis semua potensi yang terdapat di desa wisata Sumberbulu serta bagaimana usaha-usaha dalam mengembangkannya. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif, dimana pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dengan cara peneliti melakukan pengamatan langsung di desa wisata Sumberbulu. Selain metode observasi juga dilakukan dengan metode wawancara, studi pustaka atau dokumentasi.

      Data yang diperoleh sebagian besar berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber yang kemudian diolah dengan tehnik analisis SWOT yaitu Strengths, Weaknesses, opportunities, dan Threats, sehingga dari analisis itu dapat disimpulkan bagaimana cara pengembangan yang paling tepat.

      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Sumberbulu yang membranding dirinya sebagai desa wisata edukasi ini  mempunyai potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang bisa dikembangkan , yaitu dengan cara meningkatkan kualitas SDM dengan melakukan pelatihan ketrampilan, menjalin mitra kerja dengan pihak lain yang bisa melakukan pelatihan, berinovasi untuk menambah atraksi wisata, menambah fasilitas pendukung wisata,  melakukan promosi dengan berbagai media sosial, menggandeng kerjasama dengan travel biro dan hotel untuk membuat paket wisata, meningkatkan kualitas bagaimana cara melayanan  wisatawan yang datang. Sementara itu untukmenghadapi kendala kekurangan dana pengembangan yaitu detempuh dengan mengajukan bantuan dana kepada daerah dan kememtrian terkait, mengajukan bantuan CSR dari perusahaan-perusahaan. Untuk menghadapi sebagian masyarakat yang masih kolot dan up and down diadakanlah pembekalan sadar wisata dan sapta pesona sehingga bisa merubah pemikiran dari masyarakat desa menjadi masyarakat pariwisata.

Published
2020-08-19
Section
Articles