STUDI TENTANG TATA KELOLA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) LAUNDRY DEPARTMENT PADA INDUSTRI PERHOTELAN

  • Ichwan Prastowo Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Studi, Tata kelola, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, laundry, hotel

Abstract

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peralatan yang digunakan dalam operasional laundry yang mempunyai potensi bahaya terhadap K3 digunakan dalam laundry department di industri perhotelan dan untuk mengetahui tata kelola (manajemen) Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam operasional Laundry Department pada industri perhotelan.

         Penelitian ini adalah penelitiam deskriptif dengan data kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, interview, studi pustaka dan dokumentasi. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hotel Sahid Jaya Solo dan Sebagai informan (narasumber) adalah manajer laundry dan staff karyawan laundry department.

          Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peralatan yang pokok digunakan di laundry adalah Marking machine, Washing machine, Extractor machine, Drying thumbler machine,  Press machine itu sendiri terdiri dari Flat work ironer machine,   Shirt press machine, Wool press machine, Suzi Q press machine dan Hand Ironer Press yang mengandung bahaya yang tinggi dan tata kelola (manajemen)  Keselamatan dan Kesehatan Kerja sudah diterapkan namun demikian masih perlu ditingkatkan lagi. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku ajar dan artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasional ber-ISSN.

Published
2020-08-19
Section
Articles