TINJAUAN PELAKSANAAN STANDAR OPERATIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN A’LA CARTE TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HARRIS CAFÉ HARRIS HOTEL SOLO

  • Shinta Devi Avistha Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: SOP, Pelaksanaan, Pelayanan, A’la Carte, KepuasanTamu

Abstract

Tujuan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan A’la Carte, untuk mengetahui Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) oleh Waiter/waitress Terhadap Pelayanan A’la Carte dan untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Tamu Mengenai Pelayanan A’la Carte di Harris Café Harris Hotel Solo.

Dalam menyusun laporan ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, studi pustaka, dokumentasi dan metode kuesioner dengan waktu penelitian selama kurang lebih 6 bulan mulai dari  Agustus 2018 sampai dengan  Februari 2019. Sedangkan kuesioner tersebut berfungsi untuk mengetahui tinjauan Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan A’la Carte Terhadap Kepuasan Tamu di Harris Café Harris Hotel Solo.

Berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada 4 staff waiter/waitress dapat diambil kesimpulan bahwa waiter/waitress Harris Café Harris Hotel Solo sebagian besar (93.75%) sudah melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada pelayanan A’la Carte. Berdasarkan guest comment yang diberikan kepada 40 orang tamu dapat diambil kesimpulan bahwa dari overall experience (33.6%) tamu memilih excellent, (56%) tamu memilih good, (9.3%) tamu memilih average dan (1.1%) tamu memilih poor.

Published
2020-08-19
Section
Articles