PENGARUH WISATA BATIK KAUMAN TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT

  • Septi Wulandari Akademi Pariwisata Mandala Bhakti
  • Nugroho Arif Sudibyo Universitas Duta Bangsa
Keywords: Kampung, Wisata, Batik, Regresi Linier

Abstract

Kampung Kauman terkenal dengan sebutan Kampung Batik Kaumana karena disana terdapat rumah-rumah industri batik khas Kauman, Solo. Selain produk batik, Kampung Batik Kuaman juga dilengkapi suasana situs-situs bangunan bersejarah, sehingga menjadikan salah satu tujuan wisata yang unik. Akibatnya perekonomian masyarakat di sekitar Kampung Batik Laweyan berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Desa Wisata Batik terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat sekitar.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik. Lokasi penelitian ini akan dilakukan di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Subjek yang dipilih berdekatan dengan kampung batik kauman. Teknik Sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Dengan menggunakan Uji Asumsi Normalitas, Uji Asumsi Linieritas, Uji Kelayakan Model.

Kesimpulan yang diperoleh yaitu pengujian telah dilakukan, variabel pendapatan wisata batik memiliki nilai sig. 0,00 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga variabel pendapatan wiata batik berpengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat Laweyan. Dari pengujian yang dilakukan dihasilkan nilai R-Square sebesar 0,510 yang artinya pendapatan wisata batik memiliki proporsi pengaruh terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat sebesar 51%, sedangkan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada didalam model regresi.

Published
2021-01-07
Section
Articles