PELAKSANAN STANDARD OPERATING PROCEDURE GUEST RELATION OFFICER DALAM MENANGANI MEMBER ACCOR PLUS DI NOVOTEL SOLO

  • Devi Nur Indah Sari Politeknik Indonusa Surakarta
  • Ichwan Prastowo Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Pelaksanaan, Standard Operating Procedure, Member Accor Plus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Standard Operating Procedure Guest Relation Officer di Novotel Solo, untuk mengetahui member Accor Plusdi Novotel Solo, dan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan standard operating procedure Guest Relation Officer dalam menangani Member Accor Plus

Jenis penelitian yang digunakan penulis dengan metode kuantitatif  analisis deskriptif. Dalam pembuatan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuisioner. Waktu yang digunakan penelitian ini adalah 6 bulan sejak tanggal 1 Juli – 31 Desember 2019 di Novotel Solo.

Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Standard Operating Procedure Guest Relation Officer terdiri dari tujuh point yang tercantum pada Standard Operating Procedure, kategori member Accor Plusadalah Accor plus Silver,Accor Plus Gold dan Accor Plus Platinum tercantum pada dokumen Novotel Solo. Serta  pelaksanaan Standard Operating Procedure dalam menangani member Accor Plus dapat diketahui melalui kuisioner kepadaAssistant Front Office Manager, Front Office Supervisortelah melaksanakan sebesar 95,2% kadang-kadang melaksanakan sebesar 4,8%dan yang tidak sebesar 0%.penulis juga memberikan kuisioner kepada satu Guest Relation Officer Staff dengan hasil presentase yang menjawab ya sebesar 85,7%  menjawab kadang kadang sebesar 14,3% dan menjawab tidak sebesar 0% .

Published
2021-01-07
Section
Articles