PENINGKATAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA WISATA ADILUHUR KABUPATEN KEBUMEN PERSPEKTIF EFEKTIVITAS PROMOSI

  • Kris Cahyani Ermawati Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Emmelia Nadira Satiti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Ryan Suryandi Pratama Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: Efektivitas Promosi, Minat Kunjungan Wisatawan, Desa Wisata

Abstract

Desa Wisata Adiluhur, yang terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang didirikan pada tahun 2017 di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo. Efektivitas promosi saat ini menjadi fokus utama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Idealnya, promosi dilakukan secara berkesinambungan melalui berbagai media yang dianggap efektif sesuai dengan minat dan kebutuhan wisatawan. Untuk itu, efektivitas promosi perlu ditingkatkan agar promosi dapat dipetakan dengan tepat dan terarah, sehingga hasilnya maksimal dalam menarik minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara terstruktur dengan ketua pengelola Desa Wisata Adiluhur, dan beberapa pengunjung yang memenuhi kriteria penelitian. Dokumentasi juga diambil untuk mendukung pengumpulan data yang diperlukan. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi yang diterapkan oleh pengelola Desa Wisata Adiluhur dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan, serta efektivitas promosi tersebut. Pengelola menggunakan berbagai strategi promosi, termasuk periklanan, promosi penjualan, publisitas, promosi dari mulut ke mulut, dan pemasaran langsung. Hasil wawancara dengan beberapa pengunjung menunjukkan bahwa sebagian besar strategi promosi yang diterapkan telah efektif, meskipun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan.

Published
2024-06-30
Section
Articles