PERAN FRONT DESK AGENT DALAM MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE DI NATA AZANA HOTEL SOLO
Abstract
Peneliti ini mengambil judul tentang peran front desk agent dalam meningkatkan excellent service di Nata Azana Hotel Solo.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui operasional pelayanan front office dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu yang menginap.Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif.Penelitian ini mengambil studi kasus di Nata Azana Hotel Solo yakni Front Office Department. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan observasi ,wawancara,dokumentasi,dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa did dalam meningkatkan kepuasan tamu , front office department melakukan berbagai bentuk pelayanan yang diantaranya adalah pelayanan first impression yaitu memberikan kesan pertama yang berkualitas,Pelayanan last impression yaitu kesan terakhir yang menumbuhkan minat kunjungan kembali,pelayanan spesial request yaitu memenuhi permintaan selama menginap,handling complaint yaitu penanganan keluhan tamu selama menginap