STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN HUNIAN KAMAR DI NAVA HOTEL TAWANGMANGU KARANGANYAR

  • Suyamto Suyamto Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Berlin Ayu Larasati Universitas Muhammadiyah Karanganyar
Keywords: Strategi Promosi, Hunian kamar meningkat, Nava Hotel Tawangmangu

Abstract

Pertumbuhan pariwisata secara nasional menunjukkan peningkatan yang sangat menggembirakan, terbukti pada setiap akhir pekan atau sering disebut weekend dimanapun tempat wisata, akomodasi perhotelan, restaurant, pusat kuliner dan sentra cinderemata dipenuhi oleh para wisatawan baik wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik. Dari banyak wisatawan yang berkunjung di kabupaten Karanganyar khususnya di kawawasan wisata Tawangmangu.Di Nava Hotel Tawangmangu merupakan salah satu hotel yang sangat potensial namun lokasi yang agak masuk ke dalam, maka dari itu sangat dan harus dikenalkan secara luas kepada semua customer dan calon custumer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian diantaranya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini Nava Hotel Tawangmangu menerapkan strategi Pemasaran dengan menjalin semua yang berkepentingan baik Masyarakat maupun institusi dengan cara visit dan speak serta mengoptimalkan jaringan media sosial yang ada dengan membuat konten konten yang menarik.Dalam pelaksanaan strategi penjualan, pemasaran dan promosi Nava Hotel Tawangmangu memiliki kendala keterbatasan sumber daya manusia dan kendala biaya, namun semua bisa teratasi dengan meningkatkan ketrampilan diri pada karyawan dan untuk kendala biaya perjalanan pemasaran dan promosi agar disusun ulang dalam pembuatan jadwal program pemasaran dan promosi, agar tujuan pemasaran yaitu penjualan meningkat, okupansi naik dan pada akhirnya pendapatan hotel meningkat.

Published
2024-12-31