PERAN TELEPON OPERATOR DALAM MENINGKATAN PELAYANAN KEPADA TAMU DI LORIN SOLO HOTEL

  • Wahyu Ari Indriastuti Akademi Pariwisata Mandala Bhakti
  • Diva Amirul Isnaini Akademi Pariwisata Mandala Bhakti
  • Septi Wulandari Akademi Pariwisata Mandala Bhakti
Keywords: Telepon Operator, Pelayanan, Tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran telepon operator dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di Lorin Solo Hotel. Dalam penelitian ini membahas 3 (tiga) pokok permasalahan yaitu bagaimana peran telepon operator dalam melayani tamu, apa saja layanan yang diberikan oleh telephone operator, bagaimana standar operasional telepon operator di Lorin Solo Hotel.
Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pegumpulan data wawancara dengan staff front office departement seperti receptionist, telephone operator, front desk agent di Lorin Solo Hotel serta melakukan pengamatan secara langsung mengenai peran telepon operator dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di Lorin Solo Hotel.
Dari hasil pembahasan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa telephone operator sangat berperan dalam menunjang peningkatan pelayanan kepada tamu yang berpengaruh pada sales and marketing departement maupun upselling. Karena apabila terjadi los telepon bisa terjadi kehilangan bisnis revenue, sedangkan telephone operator tersebut bisa jadi dari event besar atau govement.

Published
2024-12-31