STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA OEMAH SENARA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai strategi pemasaran alternatif yang dapat diterapkan berdasarkan bauran pemasaran 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, People, Proses, dan Bukti Fisik) guna meningkatkan penjualan di Oemah Senara. Dalam konteks memperketat persaingan di bisnis serupa, penelitian ini mengevaluasi bagaimana strategi pemasaran yang efektif dapat diterapkan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan hasil yang disajikan secara deskriptif berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa meskipun Oemah Senara telah menerapkan berbagai strategi termasuk penawaran produk yang beragam, harga yang kompetitif, lokasi strategis, dan promosi melalui media sosial, masih terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki. Strategi alternatif yang diusulkan meliputi inovasi menu, penambahan fasilitas yang lebih memadai, penguatan promosi terutama melalui media sosial, serta merekrut staf dengan keterampilan dan pengetahuan yang baik.