https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/issue/feed Jurnal Hotelier 2025-01-21T01:27:33+00:00 Ichwan Prastowo, S.Pd, M.Par [email protected] Open Journal Systems https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/184 PERANAN STOREKEEPER DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAN LOGISTIK TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL HOTEL HARIS BATAM CENTER 2024-12-31T03:48:56+00:00 Agus Solikhin [email protected] I Gusti Ayu Agung [email protected] Immanuel Ozy Chrisitanto [email protected] <p>This research aims to analyze the effectiveness of inventory control, which can improve the quality of service and enhance the operational efficiency of Harris Hotel Batam Center. The author employs qualitative research, with a population of two people and a sample size of eight individuals. The sources of data used include primary and secondary data. Data collection techniques consist of interviews, observations, and documentation conducted at Harris Batam Center in Batam. The role of the storekeeper at the hotel involves receiving goods, storing items, distributing goods, inventory management, recording damaged items, reporting stock conditions, teamwork, and making informed decisions. The storekeeper's role in this control process has been well-executed, structured, and programmed. The implementation of these various tasks has a significant impact on the hotel, including financial and operational efficiency, and it contributes to the smooth operation of Harris Hotel Batam Center. When hotel operations run smoothly, the entire management team is pleased, enabling the company to achieve its maximum goals.</p> 2024-12-31T01:33:19+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/185 PERAN RECEPTION DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KEPADA TAMU DI HOTEL HORISON ULTIMA RISS MALIOBORO 2024-12-31T03:48:57+00:00 Erwin Purbosaputro [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peran Receptionist Hotel Horison Ultima Riss Malioboro dalam meningkatkan kepuasan tamu. Dalam dunia perhotelan sangat memperhatikan kepuasan tamu/pelanggan, salah satu penunjang kepuasan tamu saat menginap adalah dengan cara memberikan service dan kualitas produk yang terbaik. Dalam hal ini receptionist ikut andil dalam mewujudkan keberhasilan hotel dalam memberikan service dan kualitas terbaik yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan tamu, dikarenakan receptionist merupakan first impression bagi tamu dan menjadi ujung tombak suatu hotel. Tamu yang merasa puas dengan service dan kualitas produk yang diberikan akan sangat menguntungkan bagi hotel. Tamu akan bersedia merekomendasikan Hotel Horison Ultima Riss Malioboro kepada banyak orang sehingga akan meningkatkan occupancy hotel. Pemberian service dan kualitas produk terbaik dapat menjaga hubungan yang harmonis antara hotel dengan tamu, dapat mendorong terciptanya loyalitas tamu, dapat menciptakan reputasi positif bagi hotel, selain itu juga dapat meningkatkan tamu datang kembali atau Repeat Order.</p> 2024-12-31T01:36:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/186 ANALISIS MANAJEMEN HOTEL SYARIAH DI SURAKARTA 2024-12-31T03:48:57+00:00 Fendy Kurniawan [email protected] Lia Ardiana Safitri [email protected] <p>Konsep wisata halal merupakan konsep yang mengintegrasikan nilai-nilai syariah ke dalam kegiatan wisata dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan ketentuan syariah. tujuan halal. Belajar ini tujuan Untuk belajar bagaimana analisis manajemen hotel syariah di Surakarta. Untuk menganalisis manajemen hotel Syariah Surakarta. Berdasarkan hasil belajar penerapan prinsip syariah di hotel syariah meliputi produk, layanan dan manajemen masih dalam proses penyesuaian dengan regulasi yang berlaku Dalam analisis hotel syariah harus mengacu pada Al-Quran dan Hadist. Artinya dalam menawarkan layanannya, hotel syariah harus mengutamakan kehalalan baik makanan dan minuman maupun hasil produk sesuai syariah. Empat sampel hotel syariah di Surakarta, ternyata masih ada beberapa hotel yang belum memiliki data lengkap yaitu belum memiliki sertifikat halal (proses) dan sudah menerapkan sepenuhnya terkait tata kelola sesuai syariah. Sehingga masyarakat muslim yang memiliki tingkat keimanan yang cukup baik, merasa bersyukur atas persembahan hotel syariah tersebut, karena bisa mendapatkan tempat istirahat yang nyaman dan barokah.</p> 2024-12-31T01:40:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/187 PERAN FRONT DESK AGENT DALAM MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE DI NATA AZANA HOTEL SOLO 2024-12-31T03:48:57+00:00 Romli Iswahyudi [email protected] Laraswati Laraswati [email protected] Ambar Lestiyo Rini [email protected] <p>Peneliti ini mengambil judul tentang peran front desk agent dalam meningkatkan excellent service di Nata Azana Hotel Solo.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui operasional pelayanan front office dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu yang menginap.Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif.Penelitian ini mengambil studi kasus di Nata Azana Hotel Solo yakni Front Office Department. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan observasi ,wawancara,dokumentasi,dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa did dalam meningkatkan kepuasan tamu , front office department melakukan berbagai bentuk pelayanan yang diantaranya adalah pelayanan first impression yaitu memberikan kesan pertama yang berkualitas,Pelayanan last impression yaitu kesan terakhir yang menumbuhkan minat kunjungan kembali,pelayanan spesial request yaitu memenuhi permintaan selama menginap,handling complaint yaitu penanganan keluhan tamu selama menginap</p> 2024-12-31T02:00:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/188 STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN HUNIAN KAMAR DI NAVA HOTEL TAWANGMANGU KARANGANYAR 2024-12-31T03:48:57+00:00 Suyamto Suyamto [email protected] Berlin Ayu Larasati [email protected] <p>Pertumbuhan pariwisata secara nasional menunjukkan peningkatan yang sangat menggembirakan, terbukti pada setiap akhir pekan atau sering disebut weekend dimanapun tempat wisata, akomodasi perhotelan, restaurant, pusat kuliner dan sentra cinderemata dipenuhi oleh para wisatawan baik wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik. Dari banyak wisatawan yang berkunjung di kabupaten Karanganyar khususnya di kawawasan wisata Tawangmangu.Di Nava Hotel Tawangmangu merupakan salah satu hotel yang sangat potensial namun lokasi yang agak masuk ke dalam, maka dari itu sangat dan harus dikenalkan secara luas kepada semua customer dan calon custumer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian diantaranya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini Nava Hotel Tawangmangu menerapkan strategi Pemasaran dengan menjalin semua yang berkepentingan baik Masyarakat maupun institusi dengan cara visit dan speak serta mengoptimalkan jaringan media sosial yang ada dengan membuat konten konten yang menarik.Dalam pelaksanaan strategi penjualan, pemasaran dan promosi Nava Hotel Tawangmangu memiliki kendala keterbatasan sumber daya manusia dan kendala biaya, namun semua bisa teratasi dengan meningkatkan ketrampilan diri pada karyawan dan untuk kendala biaya perjalanan pemasaran dan promosi agar disusun ulang dalam pembuatan jadwal program pemasaran dan promosi, agar tujuan pemasaran yaitu penjualan meningkat, okupansi naik dan pada akhirnya pendapatan hotel meningkat.</p> 2024-12-31T02:06:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/189 PERAN TELEPON OPERATOR DALAM MENINGKATAN PELAYANAN KEPADA TAMU DI LORIN SOLO HOTEL 2024-12-31T03:48:57+00:00 Wahyu Ari Indriastuti [email protected] Diva Amirul Isnaini [email protected] Septi Wulandari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran telepon operator dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di Lorin Solo Hotel. Dalam penelitian ini membahas 3 (tiga) pokok permasalahan yaitu bagaimana peran telepon operator dalam melayani tamu, apa saja layanan yang diberikan oleh telephone operator, bagaimana standar operasional telepon operator di Lorin Solo Hotel.<br>Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pegumpulan data wawancara dengan staff front office departement seperti receptionist, telephone operator, front desk agent di Lorin Solo Hotel serta melakukan pengamatan secara langsung mengenai peran telepon operator dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di Lorin Solo Hotel.<br>Dari hasil pembahasan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa telephone operator sangat berperan dalam menunjang peningkatan pelayanan kepada tamu yang berpengaruh pada sales and marketing departement maupun upselling. Karena apabila terjadi los telepon bisa terjadi kehilangan bisnis revenue, sedangkan telephone operator tersebut bisa jadi dari event besar atau govement.</p> 2024-12-31T02:10:54+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/190 PENGEMBANGAN DESA WISATA BERKELANJUTAN MELALUI PARTISIPASI MASYARAKAT 2024-12-31T03:48:57+00:00 Kris Cahyani Ermawati [email protected] Fera Dhian Anggraeni [email protected] Aditya Prasetya Aji [email protected] Suparwi Suparwi [email protected] <p>Pariwisata di Indonesia sebagai sektor potensial untuk meningkatkan pendapatan negara telah menunjukkan pertumbuhan signifikan. Desa di Indonesia, seperti Desa Ngerangan di Kabupaten Klaten, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata terutama dengan penerapan konsep Community Based Tourism (CBT). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Ngerangan melalui CBT, serta mengetahui manfaat yang dirasakan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemanfaatan hasil pariwisata telah memberikan dampak positif, termasuk peningkatan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan sosial. Konsep CBT juga berhasil mempertahankan nilai lokal, memperkuat semangat guyub rukun, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengelolaan desa wisata. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sosialisasi dan dukungan dalam manajemen desa wisata agar potensi desa dapat berkembang lebih optimal.</p> 2024-12-31T02:15:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/191 STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA OEMAH SENARA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN 2025-01-21T01:27:33+00:00 Darmaesti Darmaesti [email protected] Agus Gunawan [email protected] Hariyanti Binti Arifin [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai strategi pemasaran alternatif yang dapat diterapkan berdasarkan bauran pemasaran 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, People, Proses, dan Bukti Fisik) guna meningkatkan penjualan di Oemah Senara. Dalam konteks memperketat persaingan di bisnis serupa, penelitian ini mengevaluasi bagaimana strategi pemasaran yang efektif dapat diterapkan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan hasil yang disajikan secara deskriptif berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa meskipun Oemah Senara telah menerapkan berbagai strategi termasuk penawaran produk yang beragam, harga yang kompetitif, lokasi strategis, dan promosi melalui media sosial, masih terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki. Strategi alternatif yang diusulkan meliputi inovasi menu, penambahan fasilitas yang lebih memadai, penguatan promosi terutama melalui media sosial, serta merekrut staf dengan keterampilan dan pengetahuan yang baik.</p> 2024-12-31T02:23:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/192 TINJAUAN INSTRUKSI KERJA PENANGANAN KEDATANGAN AWAL TAMU DALAM PROSES REGISTRASI PADA OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL SOLIA ZIGNA LAWEYAN SOLO 2024-12-31T03:48:57+00:00 Anita Andriantini [email protected] Taufik Zuhdi Utomo [email protected] Savero Seka Putra [email protected] <p>Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan pelaksanaan instruksi kerja penanganan kedatangan awal tamu pada proses registrasi di front office operasional Hotel Solia Zigna Laweyan Solo. Hal ini juga untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail mengenai instruksi yang dilakukan pimpinan kepada bawahan di Hotel Solia Zigna Laweyan Solo.<br>Dalam penulisan dan penelitian Laporan Tugas Akhir ini, penulis telah melaksanakan mata kuliah Tugas Akhir di Hotel Solia Zigna Laweyan Solo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan 4 metode dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi pustaka dan metode dokumentasi.<br>Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan instruksi kerja penanganan proses check in oleh front office telah dilakukan antara atasan dan bawahan. Dalam pelaksanaan penanganan awal kedatangan tamu pada proses check in terdapat 5 perlakuan yang menjadi standar operasional.</p> 2024-12-31T03:01:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/194 PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MAKE UP ROOM DALAM KEBERSIHAN KAMAR DI GRAND ORCHID HOTEL SOLO 2024-12-31T03:48:57+00:00 Setya Edi Pramana [email protected] Lu lu Alawiyah [email protected] Bambang Riyanto [email protected] Kuswiyata Kuswiyata [email protected] Riki Junianto [email protected] Inez Halizah Cendekia Basalamma [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tugas dan tanggung jawab Roomboy, mengetahui prosedur make up room dan mengetahui bagaimana pengawasan prosedur make up room di Grand Orchid Hotel Solo. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya bagi mahasiswa perhotelan di Politeknik atau setingkat, khususnya Prodi Perhotelan atau serumpun.<br>Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai cara untuk mengumpulkan data. Data yang dihasilkan dari metode kualitatif bersifat deskriptif dan analisis data secara induktif.<br>Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Roomboy mempunyai tugas utama membersihkan dan merapikan kamar sehingga tamu merasa senang, nyaman, puas dan betah tinggal di hotel. Sedangkan Job Description untuk Roomboy adalah dari menjaga kebersihan dan merapikan kamar serta melengkapi perlengkapan untuk tamu hingga melayani kebutuhan tamu. Roomboy selain mempunyai tanggung jawab terhadap tamu juga terhadap departemen lain. Sedangkan pengawasan prosedur dan hasil make up room di Grand Orchid Hotel Solo dilakukan oleh Housekeeper. Housekeeper melakukan checking kamar satu per satu dengan melihat status kamar yang tertulis di Roomboy Control Sheet. Selanjutnya semua status kamar terkini diinformasikan ke Departemen Front Office.</p> 2024-12-31T03:37:46+00:00 ##submission.copyrightStatement##