Jurnal Hotelier https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view en-US [email protected] (Ichwan Prastowo, S.Pd, M.Par) [email protected] (Canggih Ajika Pamungkas, S.Kom, M.Kom) Tue, 31 Dec 2024 03:48:58 +0000 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERANAN STOREKEEPER DALAM PENGENDALIAN PERSEDIAN LOGISTIK TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL HOTEL HARIS BATAM CENTER https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/184 <p>This research aims to analyze the effectiveness of inventory control, which can improve the quality of service and enhance the operational efficiency of Harris Hotel Batam Center. The author employs qualitative research, with a population of two people and a sample size of eight individuals. The sources of data used include primary and secondary data. Data collection techniques consist of interviews, observations, and documentation conducted at Harris Batam Center in Batam. The role of the storekeeper at the hotel involves receiving goods, storing items, distributing goods, inventory management, recording damaged items, reporting stock conditions, teamwork, and making informed decisions. The storekeeper's role in this control process has been well-executed, structured, and programmed. The implementation of these various tasks has a significant impact on the hotel, including financial and operational efficiency, and it contributes to the smooth operation of Harris Hotel Batam Center. When hotel operations run smoothly, the entire management team is pleased, enabling the company to achieve its maximum goals.</p> Agus Solikhin, I Gusti Ayu Agung, Immanuel Ozy Chrisitanto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/184 Tue, 31 Dec 2024 01:33:19 +0000 PERAN RECEPTION DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KEPADA TAMU DI HOTEL HORISON ULTIMA RISS MALIOBORO https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/185 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peran Receptionist Hotel Horison Ultima Riss Malioboro dalam meningkatkan kepuasan tamu. Dalam dunia perhotelan sangat memperhatikan kepuasan tamu/pelanggan, salah satu penunjang kepuasan tamu saat menginap adalah dengan cara memberikan service dan kualitas produk yang terbaik. Dalam hal ini receptionist ikut andil dalam mewujudkan keberhasilan hotel dalam memberikan service dan kualitas terbaik yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan tamu, dikarenakan receptionist merupakan first impression bagi tamu dan menjadi ujung tombak suatu hotel. Tamu yang merasa puas dengan service dan kualitas produk yang diberikan akan sangat menguntungkan bagi hotel. Tamu akan bersedia merekomendasikan Hotel Horison Ultima Riss Malioboro kepada banyak orang sehingga akan meningkatkan occupancy hotel. Pemberian service dan kualitas produk terbaik dapat menjaga hubungan yang harmonis antara hotel dengan tamu, dapat mendorong terciptanya loyalitas tamu, dapat menciptakan reputasi positif bagi hotel, selain itu juga dapat meningkatkan tamu datang kembali atau Repeat Order.</p> Erwin Purbosaputro ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/185 Tue, 31 Dec 2024 01:36:58 +0000 ANALISIS MANAJEMEN HOTEL SYARIAH DI SURAKARTA https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/186 <p>Konsep wisata halal merupakan konsep yang mengintegrasikan nilai-nilai syariah ke dalam kegiatan wisata dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang sesuai dengan ketentuan syariah. tujuan halal. Belajar ini tujuan Untuk belajar bagaimana analisis manajemen hotel syariah di Surakarta. Untuk menganalisis manajemen hotel Syariah Surakarta. Berdasarkan hasil belajar penerapan prinsip syariah di hotel syariah meliputi produk, layanan dan manajemen masih dalam proses penyesuaian dengan regulasi yang berlaku Dalam analisis hotel syariah harus mengacu pada Al-Quran dan Hadist. Artinya dalam menawarkan layanannya, hotel syariah harus mengutamakan kehalalan baik makanan dan minuman maupun hasil produk sesuai syariah. Empat sampel hotel syariah di Surakarta, ternyata masih ada beberapa hotel yang belum memiliki data lengkap yaitu belum memiliki sertifikat halal (proses) dan sudah menerapkan sepenuhnya terkait tata kelola sesuai syariah. Sehingga masyarakat muslim yang memiliki tingkat keimanan yang cukup baik, merasa bersyukur atas persembahan hotel syariah tersebut, karena bisa mendapatkan tempat istirahat yang nyaman dan barokah.</p> Fendy Kurniawan, Lia Ardiana Safitri ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/186 Tue, 31 Dec 2024 01:40:39 +0000 PERAN FRONT DESK AGENT DALAM MENINGKATKAN EXCELLENT SERVICE DI NATA AZANA HOTEL SOLO https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/187 <p>Peneliti ini mengambil judul tentang peran front desk agent dalam meningkatkan excellent service di Nata Azana Hotel Solo.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui operasional pelayanan front office dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu yang menginap.Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif.Penelitian ini mengambil studi kasus di Nata Azana Hotel Solo yakni Front Office Department. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan observasi ,wawancara,dokumentasi,dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa did dalam meningkatkan kepuasan tamu , front office department melakukan berbagai bentuk pelayanan yang diantaranya adalah pelayanan first impression yaitu memberikan kesan pertama yang berkualitas,Pelayanan last impression yaitu kesan terakhir yang menumbuhkan minat kunjungan kembali,pelayanan spesial request yaitu memenuhi permintaan selama menginap,handling complaint yaitu penanganan keluhan tamu selama menginap</p> Romli Iswahyudi, Laraswati Laraswati, Ambar Lestiyo Rini ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/187 Tue, 31 Dec 2024 02:00:54 +0000 STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN HUNIAN KAMAR DI NAVA HOTEL TAWANGMANGU KARANGANYAR https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/188 <p>Pertumbuhan pariwisata secara nasional menunjukkan peningkatan yang sangat menggembirakan, terbukti pada setiap akhir pekan atau sering disebut weekend dimanapun tempat wisata, akomodasi perhotelan, restaurant, pusat kuliner dan sentra cinderemata dipenuhi oleh para wisatawan baik wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik. Dari banyak wisatawan yang berkunjung di kabupaten Karanganyar khususnya di kawawasan wisata Tawangmangu.Di Nava Hotel Tawangmangu merupakan salah satu hotel yang sangat potensial namun lokasi yang agak masuk ke dalam, maka dari itu sangat dan harus dikenalkan secara luas kepada semua customer dan calon custumer. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian diantaranya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini Nava Hotel Tawangmangu menerapkan strategi Pemasaran dengan menjalin semua yang berkepentingan baik Masyarakat maupun institusi dengan cara visit dan speak serta mengoptimalkan jaringan media sosial yang ada dengan membuat konten konten yang menarik.Dalam pelaksanaan strategi penjualan, pemasaran dan promosi Nava Hotel Tawangmangu memiliki kendala keterbatasan sumber daya manusia dan kendala biaya, namun semua bisa teratasi dengan meningkatkan ketrampilan diri pada karyawan dan untuk kendala biaya perjalanan pemasaran dan promosi agar disusun ulang dalam pembuatan jadwal program pemasaran dan promosi, agar tujuan pemasaran yaitu penjualan meningkat, okupansi naik dan pada akhirnya pendapatan hotel meningkat.</p> Suyamto Suyamto, Berlin Ayu Larasati ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/188 Tue, 31 Dec 2024 02:06:52 +0000 PERAN TELEPON OPERATOR DALAM MENINGKATAN PELAYANAN KEPADA TAMU DI LORIN SOLO HOTEL https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/189 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peran telepon operator dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di Lorin Solo Hotel. Dalam penelitian ini membahas 3 (tiga) pokok permasalahan yaitu bagaimana peran telepon operator dalam melayani tamu, apa saja layanan yang diberikan oleh telephone operator, bagaimana standar operasional telepon operator di Lorin Solo Hotel.<br>Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pegumpulan data wawancara dengan staff front office departement seperti receptionist, telephone operator, front desk agent di Lorin Solo Hotel serta melakukan pengamatan secara langsung mengenai peran telepon operator dalam meningkatkan pelayanan kepada tamu di Lorin Solo Hotel.<br>Dari hasil pembahasan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa telephone operator sangat berperan dalam menunjang peningkatan pelayanan kepada tamu yang berpengaruh pada sales and marketing departement maupun upselling. Karena apabila terjadi los telepon bisa terjadi kehilangan bisnis revenue, sedangkan telephone operator tersebut bisa jadi dari event besar atau govement.</p> Wahyu Ari Indriastuti, Diva Amirul Isnaini, Septi Wulandari ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/189 Tue, 31 Dec 2024 02:10:54 +0000 PENGEMBANGAN DESA WISATA BERKELANJUTAN MELALUI PARTISIPASI MASYARAKAT https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/190 <p>Pariwisata di Indonesia sebagai sektor potensial untuk meningkatkan pendapatan negara telah menunjukkan pertumbuhan signifikan. Desa di Indonesia, seperti Desa Ngerangan di Kabupaten Klaten, memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata terutama dengan penerapan konsep Community Based Tourism (CBT). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Ngerangan melalui CBT, serta mengetahui manfaat yang dirasakan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemanfaatan hasil pariwisata telah memberikan dampak positif, termasuk peningkatan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan sosial. Konsep CBT juga berhasil mempertahankan nilai lokal, memperkuat semangat guyub rukun, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengelolaan desa wisata. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sosialisasi dan dukungan dalam manajemen desa wisata agar potensi desa dapat berkembang lebih optimal.</p> Kris Cahyani Ermawati, Fera Dhian Anggraeni, Aditya Prasetya Aji, Suparwi Suparwi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/190 Tue, 31 Dec 2024 02:15:35 +0000 STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA OEMAH SENARA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/191 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai strategi pemasaran alternatif yang dapat diterapkan berdasarkan bauran pemasaran 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, People, Proses, dan Bukti Fisik) guna meningkatkan penjualan di Oemah Senara. Dalam konteks memperketat persaingan di bisnis serupa, penelitian ini mengevaluasi bagaimana strategi pemasaran yang efektif dapat diterapkan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan hasil yang disajikan secara deskriptif berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa meskipun Oemah Senara telah menerapkan berbagai strategi termasuk penawaran produk yang beragam, harga yang kompetitif, lokasi strategis, dan promosi melalui media sosial, masih terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki. Strategi alternatif yang diusulkan meliputi inovasi menu, penambahan fasilitas yang lebih memadai, penguatan promosi terutama melalui media sosial, serta merekrut staf dengan keterampilan dan pengetahuan yang baik.</p> Darmaesti Darmaesti, Agus Gunawan, Hariyanti Binti Arifin ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/191 Tue, 31 Dec 2024 02:23:04 +0000 TINJAUAN INSTRUKSI KERJA PENANGANAN KEDATANGAN AWAL TAMU DALAM PROSES REGISTRASI PADA OPERASIONAL FRONT OFFICE HOTEL SOLIA ZIGNA LAWEYAN SOLO https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/192 <p>Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan pelaksanaan instruksi kerja penanganan kedatangan awal tamu pada proses registrasi di front office operasional Hotel Solia Zigna Laweyan Solo. Hal ini juga untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail mengenai instruksi yang dilakukan pimpinan kepada bawahan di Hotel Solia Zigna Laweyan Solo.<br>Dalam penulisan dan penelitian Laporan Tugas Akhir ini, penulis telah melaksanakan mata kuliah Tugas Akhir di Hotel Solia Zigna Laweyan Solo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan 4 metode dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi pustaka dan metode dokumentasi.<br>Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan instruksi kerja penanganan proses check in oleh front office telah dilakukan antara atasan dan bawahan. Dalam pelaksanaan penanganan awal kedatangan tamu pada proses check in terdapat 5 perlakuan yang menjadi standar operasional.</p> Anita Andriantini, Taufik Zuhdi Utomo, Savero Seka Putra ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/192 Tue, 31 Dec 2024 03:01:35 +0000 PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MAKE UP ROOM DALAM KEBERSIHAN KAMAR DI GRAND ORCHID HOTEL SOLO https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/194 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tugas dan tanggung jawab Roomboy, mengetahui prosedur make up room dan mengetahui bagaimana pengawasan prosedur make up room di Grand Orchid Hotel Solo. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya bagi mahasiswa perhotelan di Politeknik atau setingkat, khususnya Prodi Perhotelan atau serumpun.<br>Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai cara untuk mengumpulkan data. Data yang dihasilkan dari metode kualitatif bersifat deskriptif dan analisis data secara induktif.<br>Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Roomboy mempunyai tugas utama membersihkan dan merapikan kamar sehingga tamu merasa senang, nyaman, puas dan betah tinggal di hotel. Sedangkan Job Description untuk Roomboy adalah dari menjaga kebersihan dan merapikan kamar serta melengkapi perlengkapan untuk tamu hingga melayani kebutuhan tamu. Roomboy selain mempunyai tanggung jawab terhadap tamu juga terhadap departemen lain. Sedangkan pengawasan prosedur dan hasil make up room di Grand Orchid Hotel Solo dilakukan oleh Housekeeper. Housekeeper melakukan checking kamar satu per satu dengan melihat status kamar yang tertulis di Roomboy Control Sheet. Selanjutnya semua status kamar terkini diinformasikan ke Departemen Front Office.</p> Setya Edi Pramana, Lu lu Alawiyah, Bambang Riyanto, Kuswiyata Kuswiyata, Riki Junianto, Inez Halizah Cendekia Basalamma ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/ https://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/194 Tue, 31 Dec 2024 03:37:46 +0000