MANAJEMEN PEMASARAN SERABI NOTOSUMAN NY. HANDAYANI SEBAGAI JAJANAN KHAS SOLO MELALUI INSTAGRAM

@SRABINOTOSUMAN MENINGKATKAN JUMLAH PEMBELI

  • Darmaesti Darmaesti Program Studi Kepariwisataan, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: Instagram, manajemen pemasaran, serabi Notosuman

Abstract

Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai
tujuan yang sudah ditetapkan. Adanya kemajuan teknologi membuat proses manajemen dapat
dilakukan lebih efektif dan efisien tanpa meninggalkan tujuan awal. Strategi pemasaran yang
dilakukan oleh beberapa perusahaan juga merupakan bagian dari proses manajemen. Mengikuti
perkembangan media sosial yang popular dan berpengaruh disemua kalangan usia dapat
dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi penjualan produk. Usaha serabi Notosuman Ny.
Handayani juga memanfaatkan salah satu media sosial Instagram dalam memperlancar pemasaran
produknya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran dan
peran media sosial Instagram dalam meningkatkan jumlah pembeli Serabi Notosuman Ny.
Handayani sebagai jajanan khas Solo. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan
menggabungkan beberapa data yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data primer dan data
sekunder sehingga mudah untuk dipahami. Meskipun di masa pandemi dengan adanya pemberlakuan
pembatasan kegiatan masyarakat, pemilik usaha serabi Notosuman Ny. Handayani berhasil
menerapkan manajemen pemasaran dengan strategi memberikan informasi yang jelas dan menarik
secara online di media Instagram. Hal ini terbukti dapat meningkatkan jumlah follower Instagram
@srabinotosuman dan meningkatkan jumlah pembeli.

Published
2022-01-04
Section
Articles