• Vol 10 No 2 (2024): Desember
    Vol 10 No 2 (2024)

    Pembaca yang terhormat
    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah i
    disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka.
    Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam
    setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 10 Nomer 2 Desember 2024 ini
    memuat 10 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal
    sebanyak 10 artikel. Artikel pertama, Peranan Storekeeper
    Dalam Pengendalian Persedian Logistik Terhadap Kelancaran
    Operasional Hotel Haris Batam Center Agus Solikhin1, I
    Gusti Ayu Agung2, Immanuel Ozy Chrisitanto3 Artikel
    kedua, Peran Reception Dalam Meningkatkan Kepuasan
    Kepada Tamu Di Hotel Horison Ultima Riss Malioboro Erwin
    Purbosaputro , artikel ketiga. Analisis Manajemen Hotel
    Syariah Di Surakarta (Tinjauan Fatma Dsn Mui No.
    108/Dsn/Mui/X?2016) Fendy Kurniawan1), Lia Ardiana
    Safitri2, artikel keempat, Peran Front Desk Agent Dalam
    Meningkatkan Excellent Service Di Nata Azana Hotel Solo
    Romli Iswahyudi1, Laraswati2, Ambar Lestiyo Rini, artikel
    kelima, Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Hunian Kamar
    Di Nava Hotel Tawangmangu Karanganyar Suyamto1), Berlin
    Ayu Larasati2, artikel keenam, Peran Telepon Operator
    Dalam Meningkatan Pelayanan Kepada Tamu Di Lorin Solo
    Hotel Diva Amirul Isnaini1), Wahyu Ari Indriastuti2), Septi
    Wulandari3 , artikel ketujuh, Pengembangan Desa Wisata
    Berkelanjutan Melalui Partisipasi Masyarakat Kris Cahyani
    Ermawati1, Fera Dhian Anggraeni2, Aditya Prasetya Aji3,
    Suparwi4 Artikel ke delapan, Strategi Pemasaran Untuk
    Meningkatkan Penjualan Pada Oemah Senara Makassar,
    Sulawesi Selatan Darmaesti1), Agus Gunawan2), Hariyanti
    Binti Arifin3 artikel kesembilan Tinjauan Instruksi Kerja
    Penanganan Kedatangan Awal Tamu Dalam Proses Registrasi
    Pada Operasional Front Office Hotel Solia Zigna Laweyan
    Solo Anita Andriantini1), Taufik Zuhdi Utomo2), Savero
    Seka Putra3) , artikel kesepuluh Pelaksanaan Standar
    Operasional Prosedur Make Up Room Dalam Kebersihan
    Kamar Di Grand Orchid Hotel SoloSetya Edi Pramana1),
    Lu’lu’ Alawiyah2), Bambang Riyanto3), Kuswiyata4), Riki
    Junianto5), Inez Halizah Cendekia Basalamma6
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas
    partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk
    menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan
    di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan
    masyarakat.


    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email : [email protected]

  • Juni
    Vol 10 No 1 (2024)

    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah i
    disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka.
    Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam
    setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 10 Nomer 1 Juni 2024 ini memuat
    10 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak
    8 artikel dan internal sebanyak 2 artikel. Artikel pertama,
    Metode Pengolahan Marmer Cake Sebagai Varian Menu Coffe
    Break Di Hotel New Saphir Yogyakarta Heni Widyaningsih1,
    Annisa Grace Ramadhani2, Rahmi Amelia3Artikel kedua,
    Upaya Guru Dalam Meningkatkan Reading Interest Dan
    Critical Thinking Siswa Pada Pembelajaran Reading
    Comprehension Suci Muliana 1, Erfina Maulidah Khabib,
    artikel ketiga. Analisa Income Audit Dalam Mengurangi
    Kesalahan Posting Revenue Di Adhiwangsa Hotel &
    Convention Solo Suyamto artikel keempat, Peningkatan
    Minat Kunjungan Wisatawan Di Desa Wisata Adiluhur
    Kabupaten Kebumen; Perspektif Efektivitas Promosi Kris
    Cahyani Ermawati1, Emmelia Nadira Satiti2, Ryan
    Suryandi Pratama3 , artikel kelima, Pelaksanaan Strategi
    Front Office Dalam Meningkatkan Occupancy Hotel Di
    Swiss-Belinn Saripetojo Solo Sujatmiko, artikel keenam,
    Optimalisasi Food Vlogger Pada Instagram (Studi Kasus
    Wisata Kuliner Di Kabupaten Magetan) Aarif Dyah
    Kunwinarti1, Emmilia Nasdira S2, I Gusti Ayu Agung3,
    artikel ketujuh Hygiene Sanitasi Pengolahan Makanan Di
    Pastry Kitchen The Alana Yogyakarta Hotel & Convention
    Center Difa Sholuna Natasyah Dewani1, Lilik Kristianto2,
    Wahyu Ari Indriastuti3 Artikel ke delapan, Peran Promosi
    Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Sapta Tirta
    Pablengan Kabupaten Karanganyar Darmaesti1), Agus
    Solikhin2), Aurellia Isna Saputri 3) artikel kesembilan
    Standard Operating Procedure Make Up Room Dalam
    Peningkatan Kualitas Pelayanan Kamar Di Sheraton Taoyuan
    Hotel Taiwan Bagus Bagaskara 1), Ichwan Prastowo2),
    artikel kesepuluh Penerapan Standard Operating Procedure Up
    Selling Dalam Penjualan Afternoon High Tea Di The Alana
    Hotel And Convention Center Solo, Yuli Setyorini, Prasiwi
    Citra Resmi, Agung Wibiyanto.
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas
    partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk
    menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan
    di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan
    masyarakat.

  • Desember
    Vol 9 No 2 (2023)

    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah i disiplin
    ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini
    diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik
    Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni
    bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 9 Nomer 2 Desember 2023 ini memuat
    8 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 7
    artikel dan internal sebanyak 1 artikel. Artikel pertama, Kualitas
    Pelayanan Pramuwisata Terhadap Kepuasan Tamu Yang
    Berkunjung Di Pura Mangkunegaran Surakarta Adella Gozhi
    Agustania , Sunyoto , I Gusti Ayu Agung, Artikel kedua,
    Pelaksanaan Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan
    Wisatawan Di Waduk Cengklik Park Boyolali Muhammad
    Ihsan Fadli, Darmaesti, Suparwi, artikel ketiga. Pengaruh
    Keberadaan Petty Cash Terhadap Kinerja General Cashier Di
    Hotel Louis Kienne Simpang Lima Semarang Agus Solikhin, I
    Gusti Ayu Agung, Yaffa Aurellia A.F artikel keempat, Strategi
    Penjualan Kamar Hotel Oleh Front Desk Agent Melalui Media
    Online Di Hotel Surya Yudha Banjarnegara, Suradi , Anton
    Triyantoro, Alip Prasetio , artikel kelima, Profesionalisme Guest
    Relation Officer Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Pada
    Operasionaldi Hotel Sahid Jaya Solo , Suyamto, Erwin
    Purbosaputro , artikel keenam, Pengembangan Wellness Tourism
    Sapta Tirta Pablengan Di Kabupaten Karanganyar, Keke Kirana,
    Yopi Harwinanda, Bagas Riski Pramana, Titik Akiriningsih,
    Kris Cahyani Ermawati, artikel ketujuh Model Manajemen
    Sumber Daya Manusia Berbasis Kearifan Lokal Pada Hotel
    Syariah di Surakarta Sujatmiko, Ade Yuliar, Artikel ke delapan,
    Penerapan Job Description Front Desk Agent Dalam
    Meningkatkan Operasional Di Front Office Emersia Malioboro
    Hotel Yogyakarta, Anita Andriantini Mulia, Roschintia
    Febriyanti
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas
    partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk
    menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di
    masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.
    Ketua Dewan Editor.

  • Juni
    Vol 9 No 1 (2023)

    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.

    Dalam terbitan Volume 9 Nomer 1 Juni 2023 ini memuat 9 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 7 artikel dan internal sebanyak 2, artikel. Artikel pertama Revitalizing Retention: Exploring Strategies To Reduce High Turnover Rates In The Food And Beverage Industry, Jimmy Muller Hasoloan S., Vasco Adato H. Goeltom, Nonot Yuliantoro, Kevin Gustian Yulius, Nabila Shafa Kania, Artikel kedua Strategi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Kawasan Pariwisata Di Badan Otorita Borobudur, Agus Solikhin I Gusti Ayu Agung, Wira Yulihara, artikel ketiga. Language Functions Used In English Instagram Copywriting Of The Alana Hotel & Convention Center Solo, Nawangsih Edynna Putri, Kinanti Dharma Abdi Kinasih artikel keempat, Upaya Baleraos Restaurant Dalam Melestarikan Makanan Khas Kraton Yogyakarta Agar Diminati Oleh Kalangan Milenial, Heni Widyaningsih, Nadela Festi, Prasetyo Hadi Atmoko, artikel kelima, Mekanisme Penerapan Wisata Halal Dalam Menunjang Operasional Kerja Di Wyndham Sundancer Resort Lombok, Fendy Kurniawan, Lia Ardiana Safitri, artikel keenam Pengembangan Wisata Kuliner Ketandan Pasar Gede Surakarta, Lilik Kristianto , Wahyu Ari Indriastuti, artikel ketujuh Penerapan Dimensi Wellness Terhadap Program Aktivitas Wisata Kebugaran Di Rumah Atsiri Indonesia Kabupaten Karanganyar Nikolas Baruna Citraka, Sunyoto, Suparwi, Artikel ke delapan, Kiat Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Mobil Terios Di Astra Daihatsu Solo Adi Sucipto, Griselda Lathifah Hapsari Widodo, Yohanes Martono Widagdo, Ichwan Prastowo, artikel kesembilan, Peran Media Sosial Instagram Yang Mendukung Strategi Pemasaran Pada Produk Batik Keris, Darmaesti , Wendy Agneta

  • Desember
    Vol 8 No 2 (2022)

    HOTELIER JOURNAL  merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.

    Dalam terbitan Volume 8 Nomer 2 Desember 2022 ini memuat 10 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 9 artikel dan internal sebanyak 1, artikel. Artikel pertama Pelaksanaan Standard Operating Procedure Check Out Oleh Front Desk Agent Dalam Melayani Tamu Di Solia Hotel Yosodipuro Solo, Erlina Octavia Pradita¹, Anita Andriantini Mulia2, Artikel kedua Pelestarian Gerabah Tradisional Sebagai Warisan Budaya, Kris Cahyani Ermawati, artikel ketiga. Pelayanan Gym Reception Yang Berkualitas Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Tamu Di Swiss-Belhotel Solo, Darmaesti1, Firnanda Clarista2 artikel keempat, Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Waiter/ Waitress Di Hotel Innside By Melia Yogyakarta, Lia Ardiana Safitri, artikel kelima, Strategi Upselling Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Makanan Dessert Di Harris Cafe Restaurant, Anisa Amallia Fadhila1, Agus Solikhin2, Sugiman3 , artikel keenam Kualitas Pelayanan Guest Relation Officer Dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Vip Di Swiss-Belhotel Solo, Amalia Andriani1, Titik Akiriningsih2, Afrilia Elizabet Sagala3, artikel ketujuh Efektifitas Event Festival Babukung Dan Dampak Media Promosi Instagram Terhadap Minat Kunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Kabupaten  Lamandau, Suyamto1 Aurelia Alexandra Baru2,  Artikel ke delapan, Pengembangan Destinasi Ekowisata Taman Wisata Alam Gunung Tunak Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Moh.Irwan Jayadi Kusuma1. Sunyoto2, Agus Gunawan3, artikel kesembilan Dampak Pengembangan Obyek Wisata Gunung Pegat Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Setempat, I Gusti Ayu Agung1,  Abdul Karim2 , artikel kesepuluh Upaya Food Production Department Dalam Mengolah Dan Menyajikan Makanan Di Hotel Berbintang, Choirun Rashida Rizki 1,  Aulia Firmansyah 2.

    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

     

    Ketua Dewan Editor.

    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479

  • Juni
    Vol 8 No 1 (2022)

    HOTELIER JOURNAL  merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.

       Dalam terbitan Volume 8 Nomer 1 Juni 2022 ini memuat 10 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 9 artikel dan internal sebanyak 1, artikel. Artikel pertama  Hotel Syariah Surakarta Dalam Melaksanakan Pariwisata Halal, Fendy Kurniawan, Artikel kedua Pengembangan Taman Wisata Tawun Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Di Kabupaten Ngawi, Ardian Irfan Haniv1, Sunyoto2 artikel ketiga. Fasilitas, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Masa Pandemi Covid-19, Rambisa Ayuning Oktiviana U1, Agus Solikhin2 , Emmelia Nadira Satiti3 artikel keempat, Proses Penguatan Pemasaran Destinasi Museum Dieng Kaliasa Melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kris Cahyani Ermawati artikel kelima, Kelangsungan Operasional Terhadap Sistem Kerja Purchasing Dan Storage Department Di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo,  I Gusti Ayu Agung1, Suparwi2, artikel keenam Perencanaan Pengembangan Kawasan Wisata Agri Di Desa Mekarwangi Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat, Mezi Julian1, Gilang Fahreza2, Dyah Sulihingtyas Nurhanani3, Joshua Alberth Doko4,  Muhammad Rizal Maldini5, Refika Nur Wulandari6, Resty Bagus Anugrahi7, Rifky Ramadhan8, Stevanus Christa Nugraha9, Yoga Permana10, artikel ketujuh artikel Manajemen Pengembangan Obyek Wisata Bukit Sekipan Di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Dewi Hermawati Wahyuningsih1, Made Prasta Yosititia Pradipta2,  Artikel ke delapan Analisa Penerapan Standart Operating Procedure Account Payable Terhadap Kelancaran Operasional Accounting Departement Di Amarelo Hotel Solo, Suyamto. artikel kesembilan Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman New Balekambang Tawangmangu Wahyu Ari Indriastuti1 Nuryasri2, Artikel kesepuluh Review Of Account Payable Performance Against Standard Operating Procedures For Supplier Payment Settlement At Adhiwangsa Hotel & Convention Solo, Yohanes Martono Widagdo1, Makmun Syaifudin2 , Yohana Riariski3

    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.

    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

     

    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479

  • Desember
    Vol 7 No 2 (2021)

    HOTELIER JOURNAL  merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.

       Dalam terbitan Volume 7 Nomer 2 Desember 2021 ini memuat 10 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 7 artikel dan internal sebanyak 2, artikel. Artikel pertama artikel Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepada Wisatawan Di Surakarta, Havania Prisca Ayuningtyas, Sunyoto kedua Manajemen Pemasaran Serabi Notosuman Ny. Handayani Sebagai Jajanan Khas Solo Melalui Instagram @Srabinotosuman Meningkatkan Jumlah Pembeli, Darmaesti. artikel ketiga Analisa Break Even Point Sebagai Alat Penilaian Kegiatan Usaha Mikro Makanan Dan Minuman Kawasan Wisata Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon, Mezi Julian, Bayu Wirajuna, Thantawi Jauhari. artikel keempat, Strategi Pengembangan Obyek Wisata Merapi Garden Di Desa Samiran Selo Boyolali Kris Cahyani Ermawati artikel kelima, Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Pelayanan Prima Siswa Kelas XI OTKP 1 Kusumaningrum, artikel keenam Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Parang Ijo Oleh Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga  Kabupaten Karanganyar Wahyu Ari Indriastuti1, Wahyu Yudhanti2, artikel ketujuh Karakteristik BGBJ Hostel Dalam Standarisasi Pelayanan Kepada Para Tamu Nova Yudha Andriansyah Putra, S.ST.Par, M.M, artikel ke delapan Pelaksanaan Standard Operating Prosedure  Make Up Room Dalam Meningkatkan Kinerja Roomboy Di Solia Hotel Yosodipuro Solo, Deny Widya Pramuja1,  Ichwan Prastowo2 artikel kesembilan Keputusan Konsumen Untuk Memilih Perguruan Tinggi Pariwisata Di Provinsi Kepulauan Riau  Prasiwi Citra Resmi,  artikel kesepuluh Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Citra  Positif Lorin Solo Hotel Sujatmiko1,  Alvi Ana Ningsih2

    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.

    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

     

    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email : [email protected]

  • Juni
    Vol 7 No 1 (2021)

    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 7 Nomer 1 Juni 2021 ini memuat 6 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 4 artikel dan internal sebanyak 2, artikel. Artikel pertama Pengembangan Wisata Omah Trasan Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat(Studi pada Wisata Omah Trasan Juwiring Kabupaten Klaten). Sri Sukarni, artikel kedua Pemberian Kompensasi Perusahaan Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Salah Satu Hotel Bintang Lima Di Kota Solo Darmaesti, Tri Marta Noviani, artikel ketiga Implementasi Penerapan Sanitasi, Hygiene Dan K3 Food And Beverage Department Di Surya Transera Beach Hotel Pangandaran Masa Pandemi Covid-19. Kasmin, S.Pd., M.M Par, Lymbarski Caesariano, S.IKom, M.IKom, Gilang Fahreza, S.Pd, artikel keempat Golden Rules Front Desk Agent Dalam Proses Check In Terhadap Online Guest Review Di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Andie Fendriyansah, Anita Andriantini Mulia2, artikel kelima, Analisis Modernisme Dan Perkembangan Sosial Terhadap Gereja Katolik St. Antonius Purbayan, Kris Cahyani Ermawati, Novrasilofa Sinulingga. Artikel keenam, Analisis Bahaya Covid-19 Dalam Upaya Penanganan Penyebaran Pada Public Area Di Industri Perhotelan, Ichwan Prastowo.
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email : [email protected]

  • Desember
    Vol 6 No 2 (2020)

    Pembaca yang terhormat

    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 6 Nomer 2 Desember 2020 ini memuat 5 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 4 artikel dan internal sebanyak 1, artikel. Artikel pertama, Hajat Laut Sebagai Ritual Budaya Dan Tradisi Masyarakat Pesisir Nelayan Di Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Kasmin, Nova Yudha Andiansyah Putra, artikel kedua Pengaruh Wisata Batik Kauman Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat. Septi Wulandari, Nugroho Arif Sudibyo, Intan Oktaviani, artikel ketiga Analisis Kawasan Wisata Umbul Sidomukti Semarang Dilihat Dari Pemanfaatan Kondisi Geografisnya. Made Prasta Yostitia Pradipta, artikel keempat Pelaksanaan Standard Operating Procedure Guest Relation Officer Dalam Menangani Member Accor Plus Di Novotel Solo. Devi Nur Indah Sari, Ichwan Prastowo, artikel kelima, Analisa Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke De Tjolomadoe Karanganyar Jawa Tengah. Wahyu Ari Indriastuti

    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.

    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

    Ketua Dewan Editor.

    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email : [email protected]

  • Juni
    Vol 6 No 1 (2020)

    Pembaca yang terhormat
    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 6 Nomer 1 Juni 2020 ini memuat 5 artikel hasil penelitian yang berasal dari eksternal sebanyak 2 artikel dan internal sebanyak 3 artikel. Artikel pertama, Analisa Potensi Pengembangan Pariwisata Pada Desa Wisata Sumber Bulu PendemMojogedang Karanganyar Wahyu Ari Indriastuti artikel kedua Upaya Warga Masyarakat Dusun Bembem Trimulyo Jetis Bantul dalam Mewujudkan Sungai Opak Sebagai Wisata Sungai (River Tourism) Yuliyani1), Suharto 2 , artikel ketiga Studi Tentang Tata Kelola Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)Laundry Department Pada Industri Perhotelan Ichwan Prastowo artikel keempat . Tinjauan Pelaksanaan Standar Operational Prosedur (Sop) Pelayanan A’la Carte Terhadap Kepuasan Tamu Di Harris Café Harris Hotel Solo. Shinta Devi Avistha, artikel kelima Tinjauan Pemahaman Job Description Storekeeper Terhadap Pengadaan Barang Di The Alana And Convention Center Solo. Anang Prasetyo
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email : [email protected]

  • Desember
    Vol 5 No 2 (2019)

    HOTELIER JOURNAL merupakan jurnal ilmiah disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 5 Nomer 2 Desember 2019 ini memuat 7 artikel hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang berasal dari eksternal sebanyak 4 artikel dan internal sebanyak 3 artikel. Artikel pertama Peran Ketrampilan Bahasa Inggris Dalam Industri Pariwisata Dan Perhotelan, Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Akparta Mandala Bhakti Surakarta Erfina Maulidah Khabib, artikel kedua Peranan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Sukoharjo Dalam Mengembangkan Potensi Wisata Alam Batu Seribu Di Kabupaten Sukoharjo
    Pontianus Kuswiyata Aji Pratama, artikel ketiga Peranan Business Center Dalam Menanggulangi Hambatan Pada Sektor Pendapatan Front Office Department Di Lorin Solo Hotel Silviana Dewi, Ichwan Prastowo. artikel keempat. Analisa Kepuasaan Pelanggan Ditinjau Dari Pelayanan Receptionist Dan Harga Kamar Di Hotel Tirtonadi Permai, Solo Setya Edi Pramana, Gesi Maretta Handini. artikel kelima Peran Communication Host Terhadap Pelaksanaan Standard Operating Procedure (Sop) Follow Up Wake Up Call Request Di Hotel Alila Solo Amira Noveanti, Anita Andriantini Mulia. artikel keenam Tinjauan Pelaksanaan Standard Operating procedure Orientation Day For Trainee Terhadap Trainee Mobility Report Di Best Western Premier Solo Baru Safira Permata Sari, Agung Wibiyanto. Artikel ketujuh berjudul Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan Ditinjau Dari Perspektif Wisatawan yang ditulis oleh Tri Wahyuningsih

    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

  • Juni
    Vol 5 No 1 (2019)

    PENGANTAR

    Pembaca yang terhormat
    HOTELIER JOURNAL  merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 5 Nomer 1 Juni  2019 ini memuat 8 artikel hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Artikel pertama Analisis Konsep Pengembangan Wisata Budaya Candi Sukuh Dan Astana Mangadeg Dalam Sinergitas Pariwisata Daerah Kabupaten Karananyar, Ichwan Prastowo. artikel kedua Analisa Keputusan Berkunjung Ke Umbul Manten Klaten Ditinjau Dari Motivasi Wisatawan, Promosi Sosial Media Dan Word Of Mouth, Wahyu Ari Indriastuti. artikel ketiga Error Analysis On The Student’s Abstract, Makmun Syaifudin. artikel keempat Tugas Dan Tanggungjawab Telephone Operator Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel And Convention Grand Aston, Surjo Sulistijo 1 Neneng Tri Wijayanti. artikel kelima Strategi Pengembangan Pariwisata Geoforest Watu Payung Turunan Desa Girisuko Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul Dalam Meningkatkan Wisatawan. Anita Andriantini Mulia. artikel keenam Peran Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Desa Wisata Di Desa Sumberbulu Mojogedang Karanganyar, Erna Wigati. Artikel ketujuh, Pengaruh Penerapan Penekanan Cost Dan Expense Terhadap Tingkat Profitabiltas Perusahaan, Yohanes Martono Widagdo. Artikel kedelapan Analisis Potensi Wisata Terhadap Pengembangan Kampung Wisata Sewu Kembang Di Nglurah Karanganyar  Jawa Tengah, Henny Kustini.
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi dalam kehidupan masyarakat.

    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email : [email protected]

  • Desember
    Vol 4 No 2 (2018)

    PENGANTAR

    Pembaca yang terhormat

    HOTELIER JOURNAL  merupakan jurnal ilmiah i disiplin ilmu Pariwisata dan Perhotelan yang bersifat terbuka. Jurnal ini diterbitkan oleh Progranm Studi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal akan terbit 2 kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan Desember.
    Dalam terbitan Volume 4 Nomer 2 Desember  2018 ini memuat 6 artikel hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang berasal dari eksternal sebanyak 2 artikel dan internal sebanyak 4 artikel. Artikel pertama Anteseden Attitudinal Loyalty, Cognitive Loyalty And Behavioral Loyalty On Culinary Enterprises In Surakarta Junaidi, Riyanto artikel kedua Usaha Pelatihan Repair & Maintenance Untuk Meningkatkan Kualitas Ketrampilan Pada Bagian Engineering Department Di Hotel Syariah Solo,  Anggita Herastra Nurfitriana, Ichwan Prastowo, artikel ketiga  Peranan Public Relations  Dalam Menjaga Hubungan Dengan Media Untuk Memperkuat Citra Positif Di Alila Hotel Solo, Erna Wigati, Silvia Enggal Suryaningrum, artikel keempat   Analisis Pengembangan Situs Petilasan Kraton Pajang Sebagai Obyek Wisata Peninggalan Budaya Di Kabupaten Sukoharjo, Agung Wibiyanto, artikel kelima Studi Deskripsi Perencanaan  Pengembangan Daya Tarik Wisata  Taman Satwa Taru Jurug Surakarta, Lilik Kristiyanto, artikel keenam Analisis Minat  Beli Remaja Terhadap Jajanan Pasar Di Kampung Keleman Kepatihan Kulon Surakarta, Wahyu Tri Hastiningsih.                                                                   
    Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karnyanya.
    Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi masyarakat

    Ketua Dewan Editor.
    Sekretariat Program Studi D3 Perhotelan
    Politeknik Indonusa Surakarta.
    Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
    Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
    Telp : 0271-743479
    Fax : 0271-743479
    Email ke: [email protected]

  • Juni
    Vol 4 No 1 (2018)
  • Desember
    Vol 3 No 2 (2017)
  • Juni
    Vol 1 No 5 (2017)
  • Desember
    Vol 2 No 2 (2016)
  • Juni
    Vol 1 No 3 (2016)
  • Desember
    Vol 1 No 2 (2015)
  • Desember
    Vol 1 No 1 (2014)
1 - 20 of 20 items