STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN PARANG IJO OLEH DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KARANGANYAR

  • Wahyu Ari Indriastuti Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta
  • Wahyu Yudhanti Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta
Keywords: Strategi Pengembangan, Pariwisata, Air Terjun Parang ijo

Abstract

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar adalah salah satu
organisasi pemerintah Kabupaten Karanganyar yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk
menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang kepariwisataan .Fungsi dari Dinas Pariwisata
Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Karanganyar adalah mengelola daya tarik wisata dan
mengembangakan wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar salah satunya yaitu objek wisata Air
Terjun Parang Ijo Kabupaten Karanganyar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi apa saja yang digunakan oleh Dinas
Pariwisata Pemuda dan Olahraga terhadap pengembangan objek air terjun parang ijo di Kabupaten
Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang di peroleh dari
penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah yang harus dikembangan di wisata alam Air
Terjun Parang Ijo ini dari adalah fasilitas dan infrastruktur. Faktor-faktor yang mempengaruhi
pengembangan wisata alam Air Terjun Parang Ijo adalah faktor lingkungan dilihat dari
pemadangan yang alam atau natural menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung, factor
pemasaran melalui internet, website dan periklan, pemasangan pamvlet, dan faktor pelaku usaha di
wisata Air Terjun Parang Ijo. Strategi Pengembangan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga
terhadap perngembangan wisata alam Air Terjun Parang Ijo adalah pihak dinas selalu melakukan
pembinaan, pendampingan dan penganggaran dari segi fasilitas dan juga sebagai koordinator,
fasilitator, dan stimulator

Published
2022-01-04
Section
Articles