PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF LORIN SOLO HOTEL

  • Sujatmiko Sujatmiko Akademi Pariwisata Widya Nusantara
  • Alvi Ana Ningsih Akademi Pariwisata Widya Nusantara
Keywords: Peranan, Public Relations, Citra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Public Relations dalam mempertahankan citra
positif Lorin Solo Hotel, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui job description serta
bagaimana operasional dariPublic Relations pada Departemen Sales and Marketing.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, metode yangdigunakan penulis
yaitu metode observasi, metode studi pustaka, metode dukumentasi serta metode wawancara. Pada
metode wawancara ini penulis melakukan wawancara dengan Public Relations Manager dan Graphic
Design Lorin Solo Hotel untuk mengetahui bagaimana peran dari Public Relations dalam
mempertahankan citra positif Lorin Solo Hotel. Penulis melakukan penelitianselama 6 bulan mulai pada
tanggal 28 Mei 2019 hingga 28 November 2019 di Departemen Sales and Marketing Lorin Solo Hotel
khususnya pada bagian Public Relations.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Public Relations dalam mempertahankan citra
positif Lorin Solo Hotel sudah dijalankan dengan baik sesuaidengan peran dan fungsinya. Melalui peran
utamanya sebagai jembatan penghubung komunikasi antara perusahaan dengan khalayaknya, Public
RelationsLorin Solo Hotel melakukan beberapa kegiatan internal juga eksternal yang nantinya akan
dipublikasikan sehingga akan berujung pada upaya Public Relationsdalam mempertahankan citra positif
perusahaan. Public Relations Lorin Solo Hoteljuga memiliki beberapa job description mulai dari
membuat dan melaksanakan program kegiatan hingga bertindak sebagai spooker person untuk mewakili
perusahaan. Hasil pelaksanaan operasional Sales and Marekting Departement olehPublic Relations
yaitu sales call, sales blitz, telemarketing, hotel tour dan sales meeting.

Published
2022-01-04
Section
Articles