KELANGSUNGAN OPERASIONAL TERHADAP SISTEM KERJA PURCHASING DAN STORAGE DEPARTMENT DI KUSUMA SAHID PRINCE HOTEL SOLO

  • I Gusti Ayu Agung Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Suparwi Suparwi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: kelangsungan operasional, sistem, purchasing, storage

Abstract

Sistem kerja purchasing dan storage department dalam setiap perusahaan merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena dapat membantu dalam meningkatkan kelancaran operasional usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelangsungan operasional terhadap sistem kerja purchasing dan storage department di Kusuma Sahid Prenc Hotel Solo. Sumber data penelitian diperoleh dengan mengadakan observasi dan wawancara langsung dengan narasumber pada bagian purchasing dan storage department di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh hasil, bahwa adanya kerjasama tim yang baik, dalam proses permintaan pengadaan barang, permintaan dari user kepada store keeper untuk barang yang dibutuhkan, pembelian yang dilakukan oleh purchasing untuk barang yang sudah menipis stoknya dan penerimaan barang oleh receiver dengan mengecek barang, jumlah, dan kualitas barang akan menciptakan hasil kerja yang memuaskan dan saling mendukung. Kendala yang sering dihadapi kelangsungan operasional puchasing dan storage department yaitu adanya kekeliruan dari purchasing dalam membuat purchase order, keterlambatan approve dari general manager, supplier mengantarkan barang tidak sesuai dengan purchase order dari purchasing

Published
2022-07-02
Section
Articles