Peran Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Desa Wisata Di Desa Sumberbulu Mojogedang Karanganyar

  • Erna Wigati -
Keywords: Peran, Pemberdayaan masyarakat, Desa Wisata, Desa Sumberbulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan masyarakat apa saja yang dilakukan, kendala kendala yang terjadi dan cara mengatasi kendala dalam mengembangkan desa wisata  sumberbulu mojogedang karanganyar pada tahun 2019.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan cara peneliti langsung melakukan observasi di Desa wisata sumberbulu dan wawancara langsung dengan pengurus pokdarwis dan warga masyarakat yang memiliki homestay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori triangulasi metode, yaitu dari sumber data peneliti menarik kesimpulan. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil dari penelitian ini adalah peran pemberdayaan masyarakat di desa wisata sumberbulu ini menjadi sangat nyata dengan adanya inovasi baru yang muncul dari kegiatan-kegiatan pelatihan yang telah dilakukan seperti: a)Terciptanya kearifan lokal dan Masyarakat pemilik homestay dapat berbaur dengan masyarakat sekitarnya. b)Team warga desa Edukasi Sumberbulu berkeinginan untuk membuat maket/replika edukasi agar dalam penyampaian lebih mudah di pahami. c)Team warga desa cenderamata sumberbulu berkeinginan untuk membuka usaha cenderamata agar Desa Wisata Sumberbulu mempunyai ciri khas dari cendetamatanya sendiri. d)Warga berinovasi membuat setiap sudut jalan diberi papan keterangan sesuai sub edukasi yang jauh lebih lengkap, membuat sendang semakin lebih bersih dan menarik  dengan adanya  foto booth dan hiasan lainnya, warga berinovasi membuat setiap sudut  jalan diberi hiasan yang lebih menarik, produk makanan yang dihasilkan pengemasannya jauh lebih baik dan menarik,  produk makanan yang dihasilkan bertambah. e)Team Warga Desa Sumberbulu berkeinginan agar masyarakat memiliki kemampuan berdandan sendiri. f)Kemampuan menari anak-anak menjadi meningkat dan jenis tarian yang dimiliki di Desa Sumberbulu menjadi bertambah dan bervariasi. g)Warga masyarakat membuat kelas di masing-masing sub edukasi, membuat tempat untuk kesenian sendiri, memperbaiki sendang sebagai icon Desa wisata Sumberbulu, memperbaiki aksesibilitas, warga desa memiliki kepercayaan diri lebih dalam berbicara didepan umum terbukti dari peserta pelatihan ada 4 orang yang menjadi MC & mampu membuat paket wisata. h)Warga berinovasi Membuat konten video sinematik desa wisata untuk media promosi &  Membuat konten yang berkaitan dengan edukasi desa wisata.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peran Pemberdayaan Masyarakat di desa wisata desa sumberbulu mojogedang karanganyar sangat menonjol sekali dengan banyak perubahan yang terjadi di desa sumberbulu tersebut. Keadaan desa yang awalnya biasa saja bisa menjadi luar biasa. Sumber daya manusia menjadi memiliki banyak pengetahuan, Skill dan pengalaman setelah adanya pemberdayaan masyarakat dan wisatawannya menjadi lebih meningkat.

Published
2019-10-07
Section
Articles