ANALISIS POTENSI WISATA TERHADAP PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA SEWU KEMBANG DI NGLURAH, KARANGANYAR, JAWA TENGAH

  • Henny Kustini Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: potensi wisata, pengembangan wisata, kampung wisata

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi-potensi wisata yang ada di Nglurah dan bagaimana pengembangan Nglurah sebagai Kampung Wisata Sewu Kembang.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi langsung ke obyek penelitian, wawancara dengan beberapa kelompok masyarakat, studi literatur dan studi pustaka. Penelitian dilakukan di Nglurah, Kelurahan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar selama lima bulan.

Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini adalah terdapatnya beberapa potensi wiasata antara lain sentra tanaman hias sebagai wisata agro, situs menggung, museum lumpang dan upacara dukutan sebagai wisata budaya dan wisata alam berupa bumi perkemahan pleaseran dan sendang telaga asmoro. Pengembangan Nglurah sebagai Kampung Wisata Sewu Kembang dilakukan melalui program pendampingan melalui kelompok-kelompok masyarakat sehingga kesadaran tentang potensi daerahnya dan usaha tanaman hias dapat mengembangkan usahanya dari perbaikan soft dan hard capacity yang mereka miliki.

Published
2019-10-07
Section
Articles