PERANAN BUSINESS CENTER DALAM MENANGGULANGI HAMBATAN PADA SEKTOR PENDAPATAN FRONT OFFICE DEPARTMENT DI LORIN SOLO HOTEL

  • Silviana Dewi Politeknik Indonusa Surakarta
  • Ichwan Prastowo Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Peranan Business Center, Faktor Hambatan, Menanggulangi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan Business Center, mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan pada sektor pendapatan di
Business Center dan mengetahui peranan Business Center dalam mengatasi hambatan pada sektor pendapatan Front Office Department Lorin Solo Hotel. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif, dengan studi kasus, strategi diskriptif analisis kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Front Office Manager, Front Office Supervisor dan Staff
Business Center. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Business Center yaitu menyediakan jasa ticketing online maupun offline, drugstore, membuat laporan bulanan, menginventory barang Business Center, menyediakan kebutuhan bisnis dan pribadi tamu hotel, dan membuat laporan Administrasi Ticketing. Business
Center memiliki faktor penghambat yaitu terjadinya miss communication antara pihak hotel dan tour and travel, tidak adanya barang yang dicari oleh tamu, membuat laporan bulanan tidak ada hambatan asalkan tepat waktu untuk membuat laporan bulanan dan diserahkan ke Cost Control, inventory barang Business
Center akan terhambat apabila tidak dijalankan sesuai prosedur, Untuk menanggulangi hambatan tersebut Business Center memiliki upaya yaitu, upgrade
system ticketing, memperbanyak barang, melengkapi fasilitas, dan melakukan
inventory barang setiap hari.

Published
2020-05-30
Section
Articles