GOLDEN RULES FRONT DESK AGENT DALAM PROSES CHECK IN TERHADAP ONLINE GUEST REVIEW DI THE ALANA HOTEL & CONVENTION CENTER SOLO

  • Andie Fendriyansah Politeknik Indonusa Surakarta
  • Anita Andriantini Mulia Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Front Desk Agent, Online Review, Golden Rules

Abstract

Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui Golden Rules Front Desk Agent Check In Proses dan
juga mengetahui hasil Online Guest Review di The Alana Hotel & Convention Center Solo yang diulas
secara langsung oleh tamu yang pernah tinggal atau sekedar menikmati fasilitas hotel terutama yang
berhubungan dengan petugas Front Desk Agent.
Dalam penulisan dan penelitian Laporan Tugas Akhir ini penulis telah melaksanakan mata kuliah Tugas
Akhir di The Alana Hotel & Convention Center Solo selama 6 bulan ( 8 juli 2019 – 8 januari 2020 ) lalu
penulis menggunakan 4 metode yaitu metode observasi , metode dokumentasi , metode studi pustaka dan
terakhir metode kuesinoner sebagai metode penelitian Laporan Tugas Akhir ini
Dari hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa sebagai departemen yang operasionalnya di Front Office,
Front Desk Agent memiliki peran penting sebagai first and last impression dari sebuah Hotel, didalam
melakukan pekerjaannya petugas Front Desk Agent The Alana Hotel & Convention Center Solo
mempunyai 14 Golden Rules Check In Proses yang harus dipahami supaya proses check in dapat
dilaksanakan dengan baik dan memuaskan tamu hotel sehingga perannya sangat penting dalam
pembentukan ulasan yang positif terhadap hotel. Sampel dari peneilitian ini adalah 5 responden yang pernah
menulis ulasan online pada situs google. Dari hasil penelitian diketahui bahwa online review sangatlah
berpengaruh terhadap minat menginap.

Published
2021-06-10
Section
Articles