ANALISA PENERAPAN STANDART OPERATING PROCEDURE ACCOUNT PAYABLE TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL ACCOUNTING DEPARTEMENT DI AMARELO HOTEL SOLO

  • Suyamto Suyamto Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta
Keywords: Standar Operasional Prosedur, Account Payable, Kendala Account Pyable

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Standard Operating Procedures Account Payable, tugas dan tanggung jawab, serta kendala yang dialami Account Payable di Amarelo Hotel Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam pengumpulan data, metode penelitian kualitatif yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan untuk memberikan gambaran tentang Standar Operasional Prosedur Utang Usaha.
Hasil penelitian yang dilakukan di Amarelo Hotel Solo menunjukkan bahwa Bagian Accounting khususnya bagian Account Payable dalam menjalankan tugasnya memiliki peranan penting terutama dalam proses pembayaran hutang kepada supplier demi kelancaran operasional dari Bagian Accounting itu sendiri dan untuk kelancaran operasional hotel. Ini adalah Account Payable di Amarelo Hotel Solo dalam menjalankan standar operasional prosedur dan tugas masih mengalami kendala seperti invoice dari supplier yang datang terlambat dan laporan dari gudang yang tidak tepat waktu sehingga menghambat semua prosedur pembayaran.

Published
2022-07-02
Section
Articles