PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG TAMAN NEW BALEKAMBANG TAWANGMANGU

  • Wahyu Ari Indriastuti Akademi Pariwisata Mandal Bhakti Surakarta
  • Nuryasri Nuryasri Akademi Pariwisata Mandal Bhakti Surakarta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kepuasan Pengunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Taman New Balekambang Tawangmangu. (2) Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung Taman New Balekambang Tawangmangu. (3) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung Taman New Balekambang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah di Uji Validitas dan Reliabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Artinya semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi kepuasan yang dirasakan oleh pengunjung. (2) Fasilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Artinya semakin baik fasilitas yang diberikan maka semakin tinggi kepuasan yang dirasakan pengunjung. Fasilitas yang disediakan untuk dipergunakan selama berada di obyek wisata dapat mendukung kenyamanan pengunjung. (3) Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Artinya kualitas pelayanan dan fasilitas akan mempengaruhi kepuasan pengunjung apabila difungsikan secara bersamaan

Published
2022-07-02
Section
Articles