PELAYANAN GYM RECEPTION YANG BERKUALITAS MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN TAMU DI SWISS-BELHOTEL SOLO

  • Darmaesti Darmaesti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Firnanda Clarista Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: pelayanan, kepuasan, , gym resepsionis

Abstract

Salah satu bagian dari kantor depan hotel yang ditempatkan secara khusus pada area gym adalah gym
reception. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan gym reception di SwissBelhotel Solo apakah berpengaruh terhadap kepuasan tamu yang datang. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskritif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi
dan studi pustaka. Data yang diperoleh sebagai ukuran kualitas pelayanan pada gym reception adalah meliputi
empati, daya tanggap, keandalan dan jaminan. Untuk tingkat kepuasan tamu pada gym reception terlihat dari
repeat guest, loyal guest dan recommendation. Dari hasil pembahasan dapat dikatakan bahwa dengan adanya
manajemen pelayanan yang baik dari seorang gym reception maka akan membuat tamu yang datang merasa
puas dan meningkatkan kesetiaan tamu untuk datang kembali serta merekomendasikannya ke teman atau
keluarga agar mereka juga dapat merasakan pelayanan di gym Swiss-Belhotel Solo.

Published
2022-12-28
Section
Articles