PELAKSANAAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI WADUK CENGKLIK PARK BOYOLALI

  • Muhammad Ihsan Fadli Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Darmaesti Darmaesti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Suparwi Suparwi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: Bauran Pemasaran, Kunjungan Wisatawan, Waduk Taman Cengklik

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Pemasaran Waduk Taman Cengklik yang bertujuan untuk mengetahui pemasaran apa saja dan kendala apa saja yang dihadapi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Waduk Taman Cengklik yang baru dibuka pada awal tahun 2021 dan muncul di tengah pandemi dimana sebagian besar wisatawan mengunjungi Waduk Taman Cengklik. objek wisata mengalami penurunan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian diuraikan secara deskriptif. Data diperoleh dengan observasi lapangan, wawancara, analisis SWOT dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pemasaran yang dilakukan oleh Waduk Taman Cengklik menggunakan aspek bauran pemasaran produk, harga, tempat, promosi, pengemasan, program, orang, dan kemitraan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran pada aspek produk dan promosi, produk yang diberikan merupakan produk yang cukup lengkap, baru dan menarik, sehingga dianggap mampu menarik kunjungan wisatawan, sedangkan promosi khususnya melalui media sosial dinilai paling efektif dalam menjangkau calon wisatawan dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah terbatasnya dana promosi dan ancaman dari tempat wisata lain di Kabupaten Boyolali.

Published
2024-01-02
Section
Articles