PROFESIONALISME GUEST RELATION OFFICER DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA OPERASIONALDI HOTEL SAHID JAYA SOLO

  • Suyamto Suyamto Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Erwin Purbosaputro Universitas Muhammadiyah Karanganyar
Keywords: Guest Relation Officer, Pelayanan Prima, Sahid Jaya Solo

Abstract

Industri pariwisata yang semakin membuat investor dan para pelaku usaha memantapkan usahanya di bidang akomodasi pariwisata, di antaranya usaha restoran, travel agent dan hotel. Hotel salah satu akomodasi yang dibutuhkan wisatawan sebagai tempat tinggal sementara selama melakukan perjalanan wisata. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka berbagai upaya yang dilakukan oleh masing-masing hotel, seperti menambah fasilitas, menambah menu makanan dan meningkatkan kualitas pelayanan setiap karyawan kepada tamu hotel di mulai dari departemen front office, departemen housekeeping dan departemen food and beverage. Guest Relation officer adalah bagian dari departemen front office yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan kenyamanan kepada tamu, selain itu Guest Relation Officer juga memiliki kewajiban memberikan segala informasi yang diinginkan tamu, Guest Relation Officer dituntut untuk selalu melakukan yang terbaik dan memberikan kenyamanan pada tamu hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian diantaranya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,dokumentasi, study pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Guest Relation Officer dalam bekerja sudah sesuai job describtion dan standart operating procedure yang telah ditentukan. Guest Relation Officer memiliki peran sebagai pusat informasi, menangani tamu VIP dan menangani keluhan tamu. Guest Relation Officer dalam menjalan tugasnya mengalami kendala jika hotel dalam keadaan ramai, complaint melalui telpon dan tamu menggunakan fasilitas tidak sesuai procedure, namun kendala itu bisa teratasi dengan mendalami karakter dan sifat tamu dengan pelayanan yang prima sopan dan sabar menjadikan tamu senang dan puas tinggal di Hotel Sahid Jaya Solo

Published
2023-12-29
Section
Articles