ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS RECEPTIONIS TERHADAP TINGKAT HUNIAN DI HOTEL AGAS INTERNATIONAL

  • Henny Kustini Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Fasilitas, Harga, Keputusan Menginap, Lokasi, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi
dalam menentukan keputusan menginap dan untuk mengoptimalkan faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan menginap pada Hotel Agas International. Fokus dari
penelitian ini yaitu menggunakan variabel independen Promosi, Fasilitas Lokasi, dan
Harga terhadap variabel dependenmkeputusan menginap. Penelitian ini
menggunakanmteknik pengambilan sampel dengan insidental sampling dan
penentuannjumlah sampel menggunakan time linier function didapat hasil 62
responden. Lokasi penelitian dilakukan di Hotel Agas InternationalnMulia dan tamu
hotel sebagai respondennya. Sumber data diperoleh dengan memberikan kuesioner pada
tamu hotel secara insidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, pengujian hipotesis
melalui uji F dan t. Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi: Y = 3,480+ 0,239
X1 + 0,120X2 + 0,216X3 + 0,259X4 Dimana variabel promosi (X1), fasilitas (X2),
Lokasi (X3) dan harga (X4) diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga
variabel independen secara signifikan (Nyata) mempengaruhi variabel dependen
keputusan menginap (Y). Kemudian melalui uji F menunjukkan bahwa variabel
promosi, fasilitas, lokasi dan harga secara signifikan mempengaruhi secara simultan
variabel keputusan menginap. Angka Adjusted R square sebesar 0,614 menunjukkan
bahwa bahwa 61,4 persen variabel keputusan menginap dapat dijelaskan melalui
keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 38,6 persen
dijelaskan oleh variabel lain-lain.

Published
2019-11-28
Section
Articles