PENGARUH KEBAKARAN PASAR KLEWER TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG KRATON KASUNANAN SURAKARTA

  • Wahyu Tri Hastiningsih Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Kebakaran pasar klewer, Keputusan pengunjung, Kraton Kasunanan

Abstract

Pembangunan berbagai sarana dan prasarana serta upaya meningkatkan kualitas pelayanan
objek museum Sangiran senantiasa dilakukan untuk menarik dan memberikan kepuasaa kepada
pengunjung. Berdasarkan data mengenai jumlah pengunjung Obyek Wisata Museum Sangiran
selama bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2009 diketahui bahwa Obyek wisata
tersebut mengalami fluktuasi jumlah pengunjung yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan baik secara langsung maupun tidak
langsung terhadap kepuasan pengunjung dengan keputusan pengunjung sebagai variabel
intervening pada Obyek wisata tersebut.
Variabel dalam penelitian terdiri dari dua variabel bebas (promosi dan kualitas pelayanan),
satu variabel terikat (keputusan pengunjung), populasi dalam penelitian ini adalah semua
pengunjung obyek wisata tersebut. Metode pengambilansampel dalam penelitian ini
menggunakan model iterasi dan diperoleh hasil 122 responden. Metode analisis data dalam
penelitian ini dengan metode analisis jalur (path analisis).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa promosi memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pengunjung secara langsung sebesar 29,9 % dan pengaruh secara
tidak langsung sebesar 0,543%. Pengaruh total promosi terhadap kepuasan pengunjung adalah
35,33%. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pengunjung secara langsung
adalah 45,7 %, pengaruh secara tidak langsung adalah 0,71%. Total pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pengunjung adalah52,8 %. Besarnya pengaruh promosi pelayanan terhadap
keputusan pengunjung adalah 27,0 %. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan
pengunjung 35,2%. Sedangkan pengaruh keputusan pengunjung terhadap kepuasan pengunjung
20,1%. Persamaan dari penelitian ini adalah : Y1 = 0,270 X1 + 0,352 X2 + 0,872 dan Y2 =
0,299X1 + 0,457X2 + 0,201X3 + 0,696.
Saran yang dapat peneliti sampaiakan adalah iklan yang dibuat mengenai museum sangiran
diharapkan dikemas dengan lebih baik, lebih menarik dengan isi pesn yang mudah ditangkap
oleh masyarakat sehingga mereka lebih tertarik untuk mengunjungi museum tersebut.
Diharapkan petugas museum Sangiran lebih memberikan perhatian keamanan yang lebih baik
kepada pengunjung.

Published
2019-12-03
Section
Articles