UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGANWISATA DI MUSEUM RADYA PUSTAKA

  • Agung Wibiyanto Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pengunjung, Kepuasan Pengunjung

Abstract

Pembangunan berbagai sarana dan prasarana serta upaya meningkatkan kualitas pelayanan objek
Museum Radya Pustaka senantiasa dilakukan untuk menarik dan memberikan kepuasan kepada
pengunjung. Berdasarkan data mengenai jumlah pengunjung Objek Wisata Museum Radya Pustaka
selama bulan januari sampai dengan bulan desember tahun 2009 diketahui bahwa Objek
Wisata Museum Museum Radya Pustaka mengalami fluktuasi jumlah pengunjung yang sangat tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan baik secara langsung
maupun secara tidak langsung terhadap kepuasan pengunjung dengan keputusan pengunjung sebagai
variabel intervening pada Objek Wisata Museum Radya Pustaka Kabupaten Sragen.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas (promosi dan kualitas pelayanan), satu
variabel terikat (kepuasan pengunjung) dan satu variabel intervening (keputusan pengunjung). Populasi
dalam penelitian ini adalah semua pengunjung Objek Wisata Museum Museum Radya
Pustaka Kabupaten Sragen. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode inzidental sampling. Penentuan besarnya sampel dalam penelitian ini dengan
menggunakan model iterasi dan diperoleh hasil 122 responden. Metode analisis data
dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa promosi
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung secara langsung
sebesar 29,9% dan pengaruh secara tidak langsung melalui keputusan pengunjung sebesar 0,543%.
Pengaruh total promosi terhadap kepuasan pengunjung adalah 35,33%. Besarnya
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung secara langsung adalah 45,7%,
pengaruh secara tidak melalui keputusan pengunjung adalah 0,71%. Total pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pengunjung adalah 52,8%. Besarnya pengaruh promosi terhadap
keputusan pengunjung adalah 27,0%, besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap
keputusan pengunjung adalah 35,2%, sedangkan pengaruh keputusan pengunjung terhadap
kepuasan pengunjung adalah 20,1%. Persamaan dari hasil penelitian ini adalah: Y1 = 0,270X1 + 0,352X2
+ 0,872 dan Y2 = 0,299X1 + 0,457X2 + 0,201X3 + 0,696 Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
iklan yang dibuat mengenai Museum Radya Pustakadiharapkan dikemas dengan lebih baik, lebih menarik
dengan isi pesan yang mudah ditangkap oleh masyarakat sehingga mereka lebih tertarik untuk
mengunjungi Museum Museum Radya Pustaka. Diharapkan petugas Museum Museum Radya Pustaka
lebih memberikan perhatian keamanan yang lebih baik kepada pengunjung.

Published
2019-12-03
Section
Articles