USAHA PELATIHAN REPAIR & MAINTENANCE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KETRAMPILAN PADA BAGIAN ENGINEERING DEPARTMENT di HOTEL SYARIAH SOLO

  • Anggita Herasta Nurfitriana STP Sahid Surakarta
  • Ichwan Prastowo Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Usaha Pelatihan, repair & maintenance, kualitas ketrampilan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui . usaha untuk meningkatkan kualitas ketrampilan staff engineering department Hotel Syariah Solo dan Untuk  Untuk mengetahui cara menjaga kualitas ketrampilan terhadap pelatihan repair & maintenance engineering di Hotel Syariah Solo. Peneliti mengajukan beberapa hipotesis.Yang pertama adalah usaha kerja berpengaruh terhadap kualitas ketrampilan, Yang kedua adalah pelatihan kerja berpengaruh terhadap kualitas ketrampilan, Yang ketiga adalah disiplin berpengaruh terhadap kualitas ketrampilan, Yang keempat adalah mawas diri berpengaruh terhadap kualitas ketrampilan.
Penelitian ini menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Populasi pada penelitian adalah chief engineering, supervisor dan staff engineering. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan mengambil responden staff engineering. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 6 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pelatihan repair & maintenance sesuai dengan standart di hotel dengan rata-rata prosentase 45,75% menjawab sesuai . Kesimpulan pelatihan repair & maintenance berpengaruh terhadap kualitas ketrampilan engineering di Hotel Syariah Solo. Jika staff melaksanakan pelatihan dengan maksimal maka kualitas ketrampilan juga akan meningkat.

Section
Articles