PENGARUH SALES VISIT DAN CARA PEMBAYARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN TEMPAT HUNIAN BERJENIS RESIDENCES DI SOLO DAN YOGYAKARTA

  • Henny k Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: sales visit, cara pembayaran, volume penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sales visit mempengaruhi
volume penjualan tempat hunian berjenis residences di Solo dan Yogyakarta, apakah cara
pembayaran mempengaruhi volume penjualan tempat hunian berjenis residences di Solo dan
Yogyakarta, dan untuk mengetahui apakah sales visit dan cara pembayaran secara bersamasama mempengaruhi volume penjualan tempat hunian berjenis residences di Solo dan
Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah observasi, studi
pustaka dan metode kuisioner. Lokasi penelitian adalah di Sahid Yogya Lifestyle City Jl.
Babarsari, No.2, Tambak Bayan, Kelurahan Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten
Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo Paragon Hotel & Residences, Jl. Dr.
Sutomo, Solo. Populasi dan teknik pengambilan sampel difokuskan terhadap konsumen
berjumlah 30 orang yang telah membeli unit. Teknik pengambilan sampel dilakukan
menggunakan purposive sampling.
Setelah diadakan penelitian, maka didapat beberapa kesimpulan bahwa tidak terdapat
pengaruh signifikan (nyata) antara Sales Visit terhadap Volume Penjualan. Diperoleh
perhitungan dengan signifikansi sebesar 0,129, berarti lebih dari siginifikansi standar
(0,050). Akan tetapi terdapat pengaruh signifikan (nyata) antara Cara Pembayaran terhadap
Volume Penjualan. Diperoleh perhitungan dengan signifikansi sebesar 0,021, berarti kurang
dari siginifikansi standar (0,050). Diperoleh perhitungan dalam analisis uji stimultan dengan
signifikansi sebesar 0,001, berarti kurang dari siginifikansi standar (0,050). Variabel Cara
Pembayaran memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja Volume Penjualan, dengan nilai
koefisien Beta sebesar 0,440. Kemudian diikuti variabel Sales Visit dengan nilai koefisien
Beta sebesar 0,282. Dan diperoleh nilai dari uji determinasi (adjusted R2
) sebesar 0,373
menunjukkan bahwa kedua variabel independent secara bersama-sama hanya mampu
mempengaruhi Volume Penjualan sebesar 37,3% saja. Sedangkan sisanya sebesar 62,7%
dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

Published
2019-12-04
Section
Articles