PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA HUBUNGAN DENGAN MEDIA UNTUK MEMPERKUAT CITRA POSITIF DI ALILA HOTEL SOLO

  • ERNA WIGATI AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta
  • SILVIA ENGGAL SURYANINGRUM AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta
Keywords: Publik Relation, Citra positif, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Publik Relation dan cara Public Relations dalam menjaga hubungan dengan media untuk memperkuat citra positif Alila Hotel Solo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan cara peneliti langsung melakukan observasi di hotel Alila Solo dan wawancara langsung dengan staf Publik relation dan Staf Komunikasi Pemasaran Alila Hotel Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori triangulasi metode, yaitu dari sumber data peneliti menarik kesimpulan. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Public Relations harus menjaga hubungan baik dengan media dalam rangka memperkuat citra positif sebuah hotel, dalam hal ini telah terbukti bahwa menjaga hubungan dengan media sangat berpengaruh dalam memperkuat citra positif di Hotel. Hubungan masyarakat dengan media adalah unit yang sangat berkelanjutan, yang saling membutuhkan. Cara menjaga hubungan dengan media untuk memperkuat citra positif adalah selalu menjaga komunikasi dengan media dengan membangun pendekatan personal, dan mengadakan pertemuan serta memberi penghargaan (appriciation) atau penghargaan kepada media sehingga media akan selalu mempublikasikan segala sesuatu dan hubungan dengan media akan dibentuk, dan ini akan semakin memperkuat citra hotel.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah public relations dalam menjaga hubungan dengan media, yaitu sebagai jembatan untuk menyampaikan informasi kepada publik tentunya kepada media, karena hotel tidak dapat lepas dari keberadaan media dan memfasilitasi media dalam menyusun atau membuat konten yang positif tentang hotel sehingga informasi tentang hotel mudah dipublikasikan oleh media.

Published
2019-01-17
Section
Articles