STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MICE UNTUK MEWUJUDKAN KOTA SURAKARTA SEBAGAI KOTA MICE

  • Junaedi Junaedi Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: MICE, Keunggulan Kompetitif, Keunggulan Kritis

Abstract

Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan Kota Solo pada tahun 2015 telah
merencanakan berbagai acara menarik dengan mengemas pariwisata dan budaya kota
tersebut untuk memikat wisatawan lebih banyak. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota
Solo telah menyiapkan 59 acara yang dibagi atas 29 acara utama dan 30 acara pendukung.
Beberapa acara utama yang sudah terkenal adalah Solo Great Sale, Solo Batik Carnival, Solo
Carnaval, Solo International Performing Art, Kirab Malam Satu Sura dan lain-lain. Tujuan
kegiatan budaya dan pariwisata tersebut adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan
ke kota Solo. Selain itu kegiatan tersebut juga untuk mendukung wisata MICE di kota Solo
yang sedang dicanangkan pemerintah kota Surakarta dan pemerintah Indonesia. Untuk itu
fasilitas MICE terus ditingkatkan terutama di daerah agar menjadi destinasi MICE kelas
dunia. Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi keunggulan kompetitif
Kota Surakarta sebagai kota MICE, mengetahui faktor yang menjadi keberhasilan kritis
yang diperlukan Kota Surakarta sebagai kota MICE dan mengetahui strategi yang
dibutuhkan untuk pengembangan Kota Surakarta menuju kota MICE.
Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif
untuk menilai kapasitas dan validitas manajemen Kota Surakarta memenuhi MICE.
Penelitian kuantitatif ditujukan untuk memprediksi perkembangan Kota Surakarta dan
mengukur kemampuan strategi sebagai kota MICE. Alat analisis yang digunakan adalah
analisis SWOT dan Matrik Daya Tarik Industri.
Untuk mewujudkan kota MICE, berdasarkan analisis SWOT Kota Surakarta berada
dalam kategori S > W dan O > T dengan demikian strategi yang diperlukan adalah
melakukan perluasan (ekspansi). Analisis grand strategy berdasarkan matrik strategi
pengembangan Kota Surakarta dengan cara meningkatkan pertumbuhan, mendominasi pasar
dan meningkatkan investasi secara maksimum.

Published
2019-12-04
Section
Articles