PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI FAVE HOTEL ADI SUCIPTO SOLO

  • Lilik Kristanto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Wahyu Ari Indriastuti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Perkembangan kota surakarta sebagai kota budaya telah menarik banyak wisatawan domestic
maupun mancanegara. Hal ini berdampak pada meningkatnya pengguna jasa akomodasi hotel. Banyak
hotel di kota solo bersaing dalam menawarkan layanan terbaiknya untuk meningkatkan berbagai
ragam produk dan jasa, dimana hal ini akan menjadi daya tarik bagi para pelanggan hotel.Bagi suatu
perusahaan, kepuasan pelanggan merupakan sasaran sekaligus kiat pemasaran.
Fave Hotel Adi Sucipto Solo adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kepariwisataan
yang meliputi bidang perhotelan, travel, biro perjalanan dan wisma.Fave Hotel Adi Sucipto Soloyang
beralamatkan di jalan Adi Sucipto No. 60, Solo 57139, Jawa Tengah, Indonesia.Penelitian tamu
Fave Hotel solo selalu diperhatikan karena mengingat pentingnya pelanggan dalam kegiatan jasa
perhotelan yang dikelola oleh perusahaan. Sasaran atau target pelayanan pada dasarnya yaitu dapat
memenuhi harapan pelanggan selaku pengguna layanan. Pelanggan yang melakukan hunian ulang
pada hotel bukan saja dipengaruhi oleh kualitas kamar tetapi juga dipengaruhi kualitas pelayanan.
Kualitas pelayanan yang baik akan mendorong konsumen melakukan hunian ulang.
Hotel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Fave Hotel Solo. Prosedur dalam pemilihan
sampel adalahnon probability sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan cara memberikan kuesioner kepadatamu yang sedang menginap di Fave
Hotel Adi Sucipto Solo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas berpengaruh positif pada kepuasan
pelanggan, responsif berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, kepastian/jaminan tidak
berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, empati berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan,
nyata (tangible) berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan.

Published
2019-12-04
Section
Articles