PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM YANG MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK BATIK KERIS

  • Darmaesti Darmaesti Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Wendy Agneta Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Keywords: Strategi Pemasaran, Media Sosial, Batik Keris

Abstract

Dari tahun ke tahun penggunaan media sosial di masyarakat semakin meningkat. Mereka yang berbisnis secara offline sudah mengembangkan cara bisnis sistem online melalui media sosial untuk kegiatan promosi. Media sosial saat ini sudah menjadi alat pemasaran dengan memanfaatkan peluang yang ada, yaitu pengguna media sosial dari berbagai kalangan. Menurut pendapat beberapa pengamat media sosial, semakin banyak konsumen yang mendapatkan penjelasan tentang produk dan juga jasa yang ditawarkan melalui internet dengan aktif melihat media sosial. Sebagai perusahaan yang menjaga budaya bangsa, visi Batik Keris adalah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersyukur kepada Tuhan atas anugerah negara dengan beragam budaya, seperti seni tari, seni ukir, seni gambar dan kesenian lainnya dengan cara menuangkannya dalam motif batik yang bercirikan budaya Indonesia. Media sosial yang dimanfaatkan dalam mempromosikan produk-produk Batik Keris dengan cara memposting foto dan video dapat lebih mendukung strategi pemasaran dijalankan secara efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang tidak menggunakan populasi, melainkan dengan melihat keadaan lingkungan sekitar yang terdiri dari tempat, pelaku dan aktivitas yang saling berkaitan erat. Dari penelitian di dapatkan hasil bahwa dengan menggunakan fasilitas fitur-fitur yang ada pada Instragram seperti Hastag, Geotag, Follow, Like, Coment, Mention/ Arroba, Batik Keris lebih cepat dalam menyampaikan produk-produknya ke konsumen yang merupakan pengguna Instagram. Jadi peran media sosial Instagram sangat mendukung strategi pemasaran pada produk Batik Keris.

Published
2023-06-27
Section
Articles