TINJAUAN PROSEDUR PENERIMAAN BARANG TERHADAP QUALITY OF GOODS DALAM KELANCARAN OPERASIONAL DI SOLO PARAGON HOTEL & RESIDENCES

  • Henny Kustini Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Receiving Clerk, Dokumen, Prosedur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Job Description Receiving Clerk dan
prosedur pada saat penerimaan barang oleh Receiving Clerk.
Penelitian dilakukan oleh penulis dengan mengambil kasus yang ada di Solo Paragon
Hotel & Residences. Dalam penelitian menggunakan beberapa tekhnik pengumpulan data,
diantaranya : observasi yang meerupakan teknik pengumpulan data dengan terjun langsung
kelapangan untuk mengamati aktivitas terhadap penerimaan barang. Wawancara juga dilakukan
dan merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan menanyakan langsung kepada narasumber
yang berkompeten untuk mendapatkan informasi secara lisan dari beberapa informasi dengan tanya
jawab untuk dapat mengetahui bagaimana cara penerimaan barang yang benar atau sesuai prosedur
di Solo Paragon Hotel & Residences.
Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa di Solo Paragon Hotel &
Residences berlaku Job Description Receiving yang sudah di jalankan dengan baik oleh Receiving
Clerk. Receiving Clerk memahami Job Descriptionnya hal tersebut terlihat pada saat terlaksanaya
penerimaan barang dengan baik. Standard Operating Prosedur di Solo Paragon untuk Receiving
Clerk sudah di jalankan dengan baik. Peranan Receiving Clerk di Solo Paragon Hotel & Residences
adalah sebagai petugas penerimaan barang. Penerimaan barang dari Vendor/ supplier berdasarkan
Purchase Order atau Purchase Requesition namun pada saat barang datang Purchase Order atau
Purchase Requesition masih dalam proses persetujuan General Manager jadi ada kondisi dimana
penerimaan barang hanya di sampaikan secara lisan saja oleh Purchasing kepada Receiving Clerk
tanpa Purchase Order atau Purchase Request. Receiving Clerk meneliti barang datang nota asli dan
copy di tandatangani dan diberi tanggl pada saat barang diterima, namun apabila terdapat
penerimaan barang yang menyimpang atau tidak sesuai ketentuan Receiving Clerk menghubungi
departemen yang bersangkutan. Receiving Clerk berhak menolak serta mengembalikanya barang
tersebut kepada supplier apabila barang tidak sesuai nota atau rusak atau kadaluwarsa.

Published
2019-12-04
Section
Articles