PROSEDUR PENERIMAAN BARANG TERHADAP QUALITY OF GOODS DI HOTEL NON-BINTANG KOTA SOLO

  • Henny Kustini Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Receiving Clerk, Dokumen, Prosedur

Abstract

Di dalam sebuah hotel memerlukan berbagai keperluan baik berupa barang operasional, bahan makanan, bahan minuman atau asset dan di sinilah di perlukan peranan Receiving Clerk dalam prosedur penerimaan barang. Proses dokumen penerimaan barang yang memerlukan waktu dalam persetujuan General Manager membuat kesulitan Receiving Clerk dalam menerima barang sebab pada saat menerima barang Receiving Clerk tidak membawa Purchase Order dan Purchase Requisition karena masih dalam proses persetujuan dan terbatasnya pemahaman Receiving Clerk terhadap kualitas barang juga menghambat prosedur penerimaaan barang, hal tersebut dapat merugikan hotel. Berpedoman pada Job Description Receiving melaksanakan tugasnya namun apabila dokumen Purchase Order dan Purchase Requisition masih dalam proses hal tersebut juga akan menyulitkan Receiving Clerk dalam mengecek Kualitas dan Kuantitas barang datang. Dengan menggunakan metode wawancara terhadap 4 narasumber, 10 kuisioner yang di berikan pada beberapa karyawan di Accounting Departement, untuk lebih akurat penulis juga berpedoman pada Studi Pustaka yang di pelajari. Penulis mengelola sumber – sumber informasi tersebut menjadi sebuah hasil fakta lapangan, sehingga penulis dapat memberikan kesimpulan terhadap masalah yang timbul dan memberikan saran kepada manajemen.

Published
2017-07-31
Section
Articles