DAMPAK KUALITAS KOMUNIKASI ANTARA DEPARTEMEN FRONT OFFICE DENGAN HOUSEKEEPING TERHADAP TINGKAT KELANCARAN OPERASIONAL KERJA DI HOTEL JW MARRIOTT SURABAYA

  • Airin Estri Utami Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sugiman Sugiman Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: komunikasi Front Office dengan Housekeeping, kelancaran operasional kerja

Abstract

Komunikasi sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan sosial.
Begitu juga dengan di JW Marriott Surabaya, yang mana komunikasi sangat penting dilakukan
dalam kegiatan operasional bgai departemen Front Office dengan Housekeeping. Tujuan dari
penelitian adalah: (1) mengetahui faktor kualitas komunikasi antara departemen Front Office
dengan Housekeeping, (2) mengetahui pengaruh pesan yang diterima dalam berkomunikasi antara
departemen Front Office dengan Housekeeping, (3) mengetahui fungsi kedudukan berpengaruh
pada kualitas komunikasi departemen Front Office dengan Housekeeping, (4) mengetahui frekuensi
dalam menyampaikan pesan pada kualitas komunikasi departemen Front Office dengan
Housekeeping, (5) mengetahui cara menyelesaikan masalah yang terjadi ketika terjadi miss
komunikasi. Penelitian ini dilakukan di hotel JW Marriott Surabaya dengan jenis penelitian yang
digunakan penelitian kualitatif. Metode atau teknik pengumpulan data dengan menggunakan
populasi dan sampel, teknik pengukuran data (ordinal, studi pustaka, dan kuesioner), sumber
data(primer dan sekunder) dan teknik analisis data dengan data yang diperoleh dapat diketahui
bahwa kualitas komunikasi antara Front Office dengan Housekeeping terhadap tingkat kelancaran
operasional kerja di hotel JW Marriott Surabaya.
Berdasarkan variabel(x - y) dan beberapa teori yang digunakan dibuat hipotesis. Variabel x
adalah kualitas komunikasi antara departemen Front Office dengan Housekeeping dan y adalah
tingkat kelancaran operasional kerja. Kualitas komunikasi antara Front Office dengan
Housekeeping berpengaruh pada kelancaran operasional hotel berdasarkan responden yang
menjawab setuju 58% pada rekapitulasi hasil prosentase kualitas komunikasi, karena dengan
komunikasi yang baik maka dapat mengurangi hambatan-hambatan yang terjadi dalam operasional
kerja di hotel JW Marriott Surabaya sehingga terjadi kelancaran kerja dalam operasional. Dalam
operasional hotel terjadi kelancaran dilihat dari responden yang menjawab setuju 67% pada
rekapitulasi hasil prosentase terhadap tingkat kelancaran operasional kerja. Namun dalam
operasional kerja sering terjadi hambatan dimana bisa diketahui dari responden yang menjawab
kurang setuju 23% dan yang menjawab tidak setuju 10%. Tingkat kelancaran operasioanal kerja
berupa kecepatan proses check in atau check out, keperluan tamu terpenuhi, target terpenuhi, dan
kemudahan dalam pelaksanaan kerja.

Published
2019-12-04
Section
Articles