PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENDEKATAN DIFERENSIASI PRODUK JASA UNTUK MENINGKATKAN OCCUPANCY HOTEL AZIZA SOLO

  • Saitri Noor Rahmania Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Strategi, pemasaran, diferensiasi, produk , peningkatan, occupancy

Abstract

Hotel Aziza Solo merupakan salah satu unit hotel yang berada dibawah naungan Horison Group
dan dikelola oleh PT. Metropolitan Golden Management. Hotel Aziza Solo merupakan hotel
syariah berbintang tiga pertama yang memiliki konsep Islamic Boutique Hotel di kota Solo. Hotel
Aziza Solo memiliki berbagai macam produk serta fasilitas pelayanan yang berbeda mulai dari
adanya Luxury Musholla, alarm adzan dan paket-paket yang berbasis syariah. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis berapa besar tingkat penerapan dan pengaruh strategi
pemasaran dalam pendekatan diferensiasi produk untuk meningkatkan occupancy Hotel Aziza
Solo. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi pemasaran
melalui pendekatan diferensiasi produk jasa untuk meningkatkan occupancy Hotel Aziza Solo ?
dan Bagaimana pengaruh strategi pemasaran melalui pendekatan diferensiasi produk jasa untuk
meningkatkan occupancy Hotel Aziza Solo ?. Penulis melakukan penelitian selama On The Job
Training di bagian Sales & Marketing Department melalui observasi, wawancara dokumentasi dan
studi pustaka dengan membandingkan antara teori yang diberikan dengan praktek yang dilakukan.
Adapun metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yaitu metode penelitian
kualitatif dan deskriptif korelatif, untuk mendapatkan hasil yang optimal dan nyata dilakukan
melalui pendekatan studi kasus yang bermaksud untuk mendiskripsikan atau menggambarkan
permasalahan mengenai strategi pemasaran melalui diferensiasi produk, segmentasi pasar,
targeting, positiong dan pengaruh dalam peningkatan tingkat hunian atau occupancy di Hotel Aziza
Solo. Berdasarkan dengan hasil penelitian diketahui dengan adanya peningkatan produk dari setiap
tahunnya dilihat dari data Sales & Marketing tahun 2014 berjumlah 4 macam produk menjadi 10
macam produk di tahun 2016. Peningkatan tersebut di dukung adanya strategi pemasaran dengan
melalui diferensiasi produk, segmentasi pasar, targeting dan positioning. Dengan rata-rata
peningkatan presentase occupancy 20% pada tahun 2014 menjadi 50 % pada tahun 2016 di bulan
Januari sampai bulan July. Dengan adanya data rekapitulasi Room Night Summary Occupancy
tersebut terbukti bahwa strategi pemasaran yang dilakukan membatu peningkatan occupancy Hotel
Aziza Solo.

Published
2019-12-04
Section
Articles