MODEL LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KULINER DI DAERAH SOLORAYA

  • Suci Purwandari . Politeknik Indonusa Surakarta
  • Junaedi Junaedi Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: kualitas layanan, citra, lokasi, kualitas produk, kepuasan, loyalitas pelanggan

Abstract

Banyaknya usaha kulineri di kota Surakarta dan sekitarnya, hal ini
menimbulkan persaingan ketat antar warung makan. Pemilik warung makan
berusaha memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik. Konsumen
yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal bagi usaha tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis model loyalitas pelanggan pada usaha kuliner di
daerah Soloraya.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen warung makan di wilayah
Spolo Raya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan
menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak
107 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan
metode analisis data menggunakan Path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, lokasi dan
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Citra berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kualitas layanan, lokasi dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan

Published
2019-12-04
Section
Articles