PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRISMELALUI PENERAPAN METODEPEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XADMINISTRASI PERKANTORAN1 SMK NEGERI 1 BANYUDONO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Suryanti Suryanti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Model pembelajaranLearning Together. Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui
penerapan model pembelajaran Learning Together siswa Kelas X Administrasi Perkantoran1
SMKNegeri 1 Banyudonosemester gasal tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaborasi antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris yang lain. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran1 SMKNegeri 1 Banyudonoyang
berjumlah 36orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan
guru teman sejawat. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan
dokumen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasidan tes.Proses penelitian
dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut.
Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan
dan masing-masing pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar bahasa Inggrissiswa kelas X Administrasi Perkantoran1 SMKNegeri 1
Banyudonomelalui penerapan model pembelajaran Learning Together. Hasil penelitian yang telah
dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggrissiswa dari 21 siswa (58%) yang
tuntas pada pra siklus menjadi 28 siswa (78%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 35
siswa (97%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar Bahasa
Inggrismeningkat dari 69,44 pada pra siklus menjadi 75,56 (meningkat 9%) pada siklus I dan menjadi
81,94 (meningkat 18%) pada siklus II.

Published
2019-12-04
Section
Articles