PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X TKJ AXIOO SEMESTER 2 SMK NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Harlina Sudaryani Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning. Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X TKJ Axioo SMK
Negeri 2 Purwodadi semester 2 tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Inggris. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ Axioo SMK Negeri 1 Purwodadiyang berjumlah 35 orang.
Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru teman sejawat.
Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus
mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. Masing-masing siklus terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis
dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 45
menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas X TKJ Axioo SMK Negeri 1 Purwodadi melalui penerapan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada
peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris siswa dari 20 siswa (57%) yang tuntas pada pra siklus
menjadi 26 siswa (74%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 34 siswa (97%) yang
mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Inggris meningkat dari 72,86
pada pra siklus menjadi 79,00 atau meningkat 8% pada siklus I dan menjadi 84,29 atau meningkat
16% pada siklus II.

Published
2019-12-05
Section
Articles