MARKETING MIX MUSEUM GULA GONDANG BARU KLATEN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN

  • Sri Sukarni Gestuti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: strategi pemasaran, produk, harga, lokasi, promosi, jumlah kunjungan

Abstract

Marketing Mix dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan di Museum Gula Gondang Baru Klaten. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran Museum Gula di Gondang Baru, Klaten.
Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan desain etnografi. Informan penelitian ini adalah personil
bagian pemasaran dan pengunjung Museum Gula di Gondang Baru. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan
dalam meningkatkan jumlah kunjungan adalah pada aspek harga melalui pengemasan harga paket ilmiah dan paket
turis; pada aspek produk penawaran 4 jenis tujuan wisata; pada aspek tempat memetakan dan menginformasikan
lokasi dan kemudahan transportasi; dan aspek promosi menggunakan media konvensional, yaitu spanduk dan
leaflet. Persepsi pengunjung terhadap strategi pemasaran museum gula cukup baik. Strategi pemasaran yang tepat
untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui kolaborasi strategi promosi harga, jenis wisata, lokasi dan promosi.

Published
2019-12-04
Section
Articles