KUALITAS PELAYANAN PADA COFFEE SHOP ASING DAN COFFEE SHOP LOKAL

  • Anita Andriantini Mulia Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: kualitas layanan, coffee shop asing dan coffee shop lokal .

Abstract

Persaingan antara coffe shop asing dan coffe ship lokal semakin ketat, hal ini disebabkan
adanya perubahan perilaku masyarakat terhadap fungsi dari sebuah cafe atau coffee shop, yang
melahirkan fenomena social dan budaya baru. Disamping sebagai tempat untuk minum teh atau
kopi dan menyantap makanan ringan, coffee shop juga sebagai tempat untuk berkumpul,
bersosialisasi, dan bahkan menjadi salah satu tempat untuk melakukan prospecting business antar
eksekutif sehingga kebutuhan terhadap coffe shop asing dan koffe shop lokal terus
berkembang.Oleh karena itu pelanggan di hadapkan beberapa pilihan coffee shop asing maupun
lokal dengan dukungan fasilitas lengkap, harga bersaing dan kualitas layanan yang sangat
bervariatif dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi pelanggan
terhadap kualitas layanan di coffee shop asing dan coffee shop lokal.
Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan coffee shop asing dan coffee shop lokal
yang ada di Solo Square, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 50 responden coffe shop asing dan
50 responden coffe shop lokal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
paired sample t-test dan independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di coffee shop lokal kualitas layanan yang paling
bagus adalah kualitas interaksinya, kemudian yang kedua adalah kualitas hasil dan yang ketiga
adalah kualitas lingkungan fisiknya. Setelah dilakukan uji beda rata-rata dengan paired sample ttest disimpulkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kualitas interaksi dengan kualitas
lingkungan fisik, kualitas interaksi dengan kualitas hasil, dan antara kualitas lingkungan fisik
dengan kualitas hasil. Di mana kualitas interaksi dipersepsikan lebih bagus daripada kualitas
lingkungan fisik dan kualitas hasil.
Di coffee shop asing kualitas layanan yang paling bagus adalah kualitas interaksinya. Yang
kedua adalah kualitas hasil dan yang ketiga adalah kualitas lingkungan fisiknya. Setelah dilakukan
uji beda rata-rata dengan paired sample t-test disimpulkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan
antara kualitas interaksi dengan kualitas lingkungan fisik, kualitas interaksi dengan kualitas hasil,
dan antara kualitas lingkungan fisik dengan kualitas hasil. Di mana kualitas lingkungan interaksi
dipersepsikan lebih bagus daripada kualitas lingkungan fisik dan kualitas hasil.
Ada perbedaan kualitas layanan yang signifikan antara coffee shop asing dan coffee shop
lokal baik dari kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, dan kualitas hasil. Dan perbedaan ratarata terbesar adalah pada kualitas lingkungan fisik. Di mana coffee shop asing memiliki kualitas
layanan lebih bagus dibandingkan coffee shop lokal.

Published
2019-12-05
Section
Articles