PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA OBJEK WISATA UMBUL SIDOMUKTI KABUPATEN SEMARANG

  • Ersyafaat Huda Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Experiential Marketing, Promosi, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah
Experiential Marketing dan promosi. Keduanya mempunyai peranan penting
dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah adakah pengaruh Experiential Marketing dan promosi terhadap loyalitas
pelanggan pada objek wisata umbul sidomukti Kabupaten Semarang baik secara
simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
Experiential Marketing dan promosi terhadap loyalitas pelanggan baik secara
simultan maupun parsial.
Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah pengunjung Objek
Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik
accidental sampling, ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus iterasi dan
diperoleh 115 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen
(uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis
menggunakan SPSS 16 for Windows.
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 15,250 +
0,167 X1 + 0,182 X2. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar
0,253 artinya 25,3% variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel
Experiential Marketing dan promosi serta sisanya 74,7% dipengaruhi oleh
variabel lain diluar penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat
pengaruh antara Experiential Marketing dan promosi terhadap loyalitas pelanggan
pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang baik secara parsial
maupun secara simultan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah
pengelola Objek Wisata Umbul Sidomukti hendaknya meningkatkan konsep
pendekatan Experiential Marketing dengan memberikan pelayanan tambahan,
menambah berbagai wahana permainan yang lebih unik dan menarik serta
mengoptimalkan kegiatan promosi yang sesuai dengan harapan pelanggan untuk
dapat membujuk pelanggan agar loyalitas pelanggan pada Objek Wisata Umbul
Sidomukti Kabupaten Semarang dapat meningkat.

Published
2019-12-05
Section
Articles