PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP STRATEGI PEMASARAN MUSEUM GULA DI GONDANG BARU KABUPATEN KLATEN

  • Sri Sukarni Gestuti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: strategi pemasaran, produk, harga, lokasi, promosi, jumlah kunjungan

Abstract

Persepsi Pengunjung Terhadap Strategi Pemasaran Museum Gula di Gondang Baru Kabupaten Klaten.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pemasaran Museum Gula di Gondang
Baru, Klaten. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan desain etnografi. Informan penelitian ini
adalah personil bagian pemasaran dan pengunjung Museum Gula di Gondang Baru. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran
yang digunakan dalam meningkatkan jumlah kunjungan adalah pada aspek harga melalui pengemasan harga
paket ilmiah dan paket turis; pada aspek produk penawaran 4 jenis tujuan wisata; pada aspek tempat memetakan
dan menginformasikan lokasi dan kemudahan transportasi; dan aspek promosi menggunakan media
konvensional, yaitu spanduk dan leaflet. Persepsi pengunjung terhadap strategi pemasaran museum gula cukup
baik. Strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui kolaborasi strategi promosi
harga, jenis wisata, lokasi dan promosi.

Published
2019-12-12
Section
Articles